Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B3-B
Deskripsi:
1. Permasalahan dan isu-isu pendidikan dan pembelajaran 2. Filsafat, teori-teori pendidikan dan pembelajaran 3. Kebijakan pendidikan nasional dan internasional 4. Tujuan pendidikan vokasi 5. Esensi pendidikan vokasi 6. Makna pendidikan vokasi 7. Pengembangan pendidikan vokasi 8. Pemikiran filosofis pendidikan vokasi
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B3-B
Deskripsi:
1. Permasalahan dan isu-isu pendidikan dan pembelajaran 2. Filsafat, teori-teori pendidikan dan pembelajaran 3. Kebijakan pendidikan nasional dan internasional 4. Tujuan pendidikan vokasi 5. Esensi pendidikan vokasi 6. Makna pendidikan vokasi 7. Pengembangan pendidikan vokasi 8. Pemikiran filosofis pendidikan vokasi
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam keilmuan pendidikan dasar.
- Mahasiswa mampu membandingkan paradigma ilmu (positivistik, interpretif, kritis, transformatif) dalam konteks pendidikan dasar..
- Mahasiswa mampu menganalisis aliran filsafat pendidikan dan relevansinya terhadap kurikulum dan pembelajaran dasar.
- Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan ilmiah baru dalam keilmuan pendidikan dasar secara filosofis, transformatif, dan kontekstual.
- 4. Freire, P. (2000). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.
- 5. Dewey, J. (1938). Experience and Education. Free Press.
- 6. Guba, E. & Lincoln, Y. (2005). Paradigmatic Controversies. Sage.
- 1. Crotty, M. (1998). The Foundations of Social Research. Sage.
- 3. Noddings, N. (2015). Philosophy of Education. Routledge.
- 2. Biesta, G. (2010). Good Education in an Age of Measurement. Routledge.
- 7. Slattery, P. (2013). Curriculum Development in the Postmodern Era. Routledge.
- 8. Taylor, P. & Medina, M. (2013). Educational Research Paradigms. Journal for Meaning- Centered Education, 1.
- Sa’dun, A., Mashfufah, A., & Salamah, U. (2023). Filsafat Ilmu Dengan Pendekatan Praktis. Malang: Edulitera.
- Alex Rosenberg, 2005. Philoshophy of Science: A Contemporary Introduction, Second Edition, New York: Routledge.
- Akbar, Sa’dun, 2020. Handout Perkuiahan Filsafat Ilmu, Tidak dipublikasikan.
- Akbar, Sa’dun, 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Cipta Media.
- Anshari, Endang Saifuddin, 1979. Ilmu, Filsafat, dan Agama, Surabaya: Penerbit PT Bina Ilmu
- Anshari, Endang Saifuddin, 1979. Ilmu, Filsafat, dan Agama, Surabaya: Penerbit PT Bina Ilmu
- Cercile Landau, Andrew Szudek, Sarah Tomley, 2011. The Philoshophy Book, tt. Big Ideas Shimply Explained, London: DK Publishing.
- James E. Christensen, 1981. Perspectives on Education As Educology, Whasington: University Press of America.
- James Ladyman, 2002. Understanding Philoshophy of Science, London: Roundledge.
- Marile H Salomon dkk, 1999, Introduction to The Philoshophy of Science, USA: Englewood Clift NJ PrentiHall.
- Mannoia, V. James, 1980. WHAT Is SCIENCE, Boston: University Press of America.
- Muhadjir, Noeng, 1998. Filsafat Ilmu: Telaah Sistematis Fungsional Komparatif, Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
- Peter Machmer and Michael Silberstein, tt, The Blackwell Guide to The Philoshophy of Science, Massachutes : Blacwell Publisher.
- Philip Phenix, 1964. Realms of Meaning: A Philosophy of The Curriculum of General Education, New York: Mc-Graw Hill Book Company.
- Philip Ghapser, JD.Trout, 1999. The Philoshophy of Science, Cambridge: A Bradford.
- Richard Boyd, Philip Gasper, and J.D. Trout, 1991. The Philosophy of Science. Massachusetts: MIT Press.
- Suriasumantri, Jujun S, 1982. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Penerbit Pustaka Sinar Harapan
- Teacher: Cholis Sa'dijah
- Teacher: Intan Sari Rufiana
- Enrolled students: 11
Guests cannot access this course. Please log in.