Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-15BG
Deskripsi:
1. Konsep dan definisi kurikulum. 2. Klasifikasi jenis kurikulum dan keterkaitannya. 3. Teori dan model pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan. 4. Model content-based curriculum dan competency-based curriculum. 5. Karakteristik kurikulum pendidikan kejuruan. 6. Landasan pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan. 7. Elemen kurikulum pendidikan kejuruan. 8. Kurikulum pendidikan kejuruan. 9. Desain kurikulum pendidikan kejuruan. 10. Rumusan isi dan materi kurikulum pendidikan kejuruan. 11. Rumusan sasaran dan tujuan kurikulum pendidikan kejuruan. 12. Evaluasi kurikulum pendidikan kejuruan.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-15BG
Deskripsi:
1. Konsep dan definisi kurikulum. 2. Klasifikasi jenis kurikulum dan keterkaitannya. 3. Teori dan model pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan. 4. Model content-based curriculum dan competency-based curriculum. 5. Karakteristik kurikulum pendidikan kejuruan. 6. Landasan pengembangan kurikulum pendidikan kejuruan. 7. Elemen kurikulum pendidikan kejuruan. 8. Kurikulum pendidikan kejuruan. 9. Desain kurikulum pendidikan kejuruan. 10. Rumusan isi dan materi kurikulum pendidikan kejuruan. 11. Rumusan sasaran dan tujuan kurikulum pendidikan kejuruan. 12. Evaluasi kurikulum pendidikan kejuruan.
Capaian Pembelajaran
- Setelah membaca literatur dan mendengarkan penjelasan dosen serta diskusi dengan teman dalam kelompok, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan mempresentasikan secara tepat Konsep pendidikan kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam Menguasai konsep pedagogis sebagai calon guru pendidikan kejuruan abad 21.
- Setelah mengamati sejarah perkembangan kurikulum dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan membedakan dan menganalisis secara tepat karakteristik pendidikan kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam Menguasai konsep pedagogis sebagai calon guru pendidikan kejuruan abad 21.
- Setelah membaca materi tentang Jenis kurikulum pendidikan kejuruan dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat menyebutkan, menjelaskan,dan membedakan serta menganalisis secara tepat Jenis kurikulum pendidikan kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam Menguasai konsep pedagogis sebagai calon guru pendidikan kejuruan abad 21.
- Setelah membaca materi tentang landasan pengembangan kurikulum kejuruan dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisis secara tepat landasan pengembangan kurikulum kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam menguasai berbagai model mengembangkan kurikulum kejuruan sebagai persiapan calon guru pendidikan kejuruan abad 21.
- Setelah membaca materi kurikulum kejuruan dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan,dan menganalisis secara tepat kurikulum kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam mengembangkan materi kurikulum sebagai persiapan calon guru pendidikan kejuruan
- Setelah membaca materi model pengembangan kurikulum kejuruan dan mendengarkan penjelasan dosen, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisis secara tepat pengembangan kurikulum kejuruan untuk mendasari mahasiswa dalam mengembangkan materi kurikulum sebagai persiapan calon guru pendidikan kejuruan
- Bean, A.J. Curriculum Planning and Development. London: Allyn Bacon, Incs.
- Calhoun, C.C., Finch, A.A. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. Belmount: Wadsworth Publication Company.
- Finch, R. C., Cruncilton, R. J. 1984. Curriculum Development in Vocational and Technical Educations. Boston: Allyn Bacon, Incs.
- Mclean R., Wilson, D. 2009. International handbook of Education for the Channging World of Work. Bridging Academic and Vocating Learning. Bonn, Germany: UNEVOC Springer.
- Nana S.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
- Reksoatmodjo, T.R. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama.
- Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Teacher: Agus Hery
- Enrolled students: 31
Guests cannot access this course. Please log in.