Enrolment options

Bimbingan dan Konseling Belajar
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dicancang untuk (1) mengkaji hakikat bimbingan dan konseling belajar, (2) menelaah program bimbingan dan konseling belajar yang komprehensif, (3) eksplorasi dan pengembangan materi-materi bimbingan dan konseling belajar yang meliputi motivasi, kemandiiran belajar, bernalar kritis, bernalar kreatif menggunakan startegi mind mapping, strategi menghadapi ujian, maasalah/ kesulitan belajar, (4) , melakukan diagnosis kesulitan belajar dan startegi penyelesaian masalahnya meliputi preventif dan responsif.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis hakikat bimbingan dan konseling belajar
  • Mengembangkan program bimbingan dan konseling belajar yang komprehensif.
  • Mengeksplorasi ruang lingkup materi bimbingan dan konseling belajar.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar.
  • Merencanakan strategi layanan bimbingan dan konseling belajar
Daftar Pustaka:
  • Thomas, D. & Woods, H. 2003. Working with People with Learning Disabilities: Theory and Practice. London: Jessica Kingsley Publishers.
  • Mercer, C. & Mercer, A. 1989. Teaching students with learning problems.
  • Westwood, P. 2004. Learning and Learning Difficulties: A handbook for teachers. Camberwell, Victoria: ACER Press
  • Joyce, M.W. 2009. Models of Teaching (8th Edition). London: Pearson Education
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  • Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Guests cannot access this course. Please log in.