Pilihan pendaftaran

Program BI sebagai Bahasa Asing
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang teori pembelajaran bahasa asing, karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing, komponen program pembelajaran, teknik dan prosedur pengembangan program pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.
Capaian Pembelajaran
  • Menjelaskan teori pembelajaran bahasa asing;
  • Mengklasifikasi karakteristik pembelajaran BIPA,
  • Menjelaskan komponen program pembelajaran BIPA ;Menjelaskan teknik dan prosedur pengembangan program BIPA; Menganalisis problematika program BIPA; dan Mendeskripsikan prospek program BIPA
Daftar Pustaka:
  • 1. Kurniawan, K. 2007. Peningkatan Mutu Penyelenggaraan BIPA yang Profesional, Makalah Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Pusat Bahasa DEPDIKNAS, Jakarta, 18 – 20 Juli 2007.
  • 2. Maryani, Y., 2011. Lokakarya Program Prasertifikasi Guru BIPA: Metodologi Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Prov. NTB bekerjasama dengan APBIPA Bali, Senggigi Beach Hotel, 13 – 15 April 2011.
  • 3. Riasa, N., 2011. Lokakarya Program Prasertifikasi Guru BIPA: Metodologi Pengajaran BIPA.
  • 4. Diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Prov. NTB bekerjasama dengan APBIPA Bali, Senggigi Beach Hotel, 13 – 15 April 2011.
  • 5. Sujana, I M., 2011. “Program BIPA sebagai Batu Loncatan Menuju Internasionalissasi Universitas Mataram”, diunggah dari www.imadesujana.com tanggal 28 Agustus 2012
  • 6. Utorodewo, F.N., 2007. Intensitas Kerjasama Antarlembaga dalam Pengembangan BIPA. Makalah Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Pusat Bahasa DEPDIKNAS, Jakarta, 18 – 20 Juli 2007.
  • 7. Widodo Hs., 2011. Lokakarya Program Prasertifikasi Guru BIPA: Metodologi Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Prov. NTB bekerjasama dengan APBIPA Bali, Senggigi Beach Hotel, 13 – 15 April 2011.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.