خيارات التسجيل

Studi Mandiri: Kajian Teori dan Praktik Problematika Pendidikan Dasar
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A3-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa program doktoral dengan kemampuan mengkaji secara mendalam filsafat dan teori pendidikan dasar, serta menganalisis problematika pendidikan dasar dengan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Melalui studi mandiri terarah berbasis kajian literatur kritis, refleksi akademik, dan diskusi ilmiah, mahasiswa diarahkan untuk mengintegrasikan berbagai perspektif dalam merumuskan sintesis pemikiran yang komprehensif. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan teori, model, atau gagasan baru yang bersifat inovatif dan transformatif sebagai kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan dasar pada tingkat nasional maupun global.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengkaji secara mendalam filosofi dan teori pendidikan dasar untuk memahami landasan konseptual problematika pendidikan dasar.
  • Mahasiswa mampu menganalisis problematika pendidikan dasar dengan menggunakan perspektif inter, multi, dan transdisipliner.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan teori, model, atau gagasan baru yang transformatif sebagai kontribusi bagi pengembangan ilmu pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • 11. Moran, J. (2010). Interdisciplinarity (2nd ed.). Routledge.
  • 1. Dewey, J. (1997). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. Free Press
  • 2. Gutek, G. L. (2014). Philosophical, ideological, and theoretical perspectives on education (2nd ed.). Pearson.
  • 3. Nicolescu, B. (2008). Transdisciplinarity: Theory and practice. Hampton Press.
  • 4. Noddings, N. (2018). Philosophy of education (4th ed.). Routledge.
  • 5. Tilaar, H. A. R. (2012). Kebijakan pendidikan: Pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Rineka Cipta.
  • 6. Brubacher, J. S. (1996). Modern philosophies of education. McGraw-Hill.
  • 7. Darling-Hammond, L. (2020). The right to learn: A blueprint for creating schools that work. Jossey-Bass
  • 8. Fullan, M. (2021). Leading in a culture of change (2nd ed.). Jossey-Bass.
  • 9. Hargreaves, A., & Shirley, D. (2012). The global fourth way: The quest for educational excellence. Corwin Press
  • 10. Klein, J. T. (2017). Interdisciplining digital humanities: Boundary work in an emerging field. University of Michigan Press
  • 12. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (8th ed.). Pearson.
  • 13. Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson.
  • 14. Suyanto, & Jihad, A. (2013). Problematika pendidikan di Indonesia. Prenada Media
  • 15. Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2019). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (10th ed.). Pearson.
  • 16. Woolfolk, A. (2022). Educational psychology (15th ed.). Pearson.
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.