Pilihan pendaftaran

Pengembangan Proposal Disertasi
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A24-A24
Deskripsi:
Matakuliah Pengembangan Proposal Disertasi memfokuskan pada analisis berbagai permasalahan di bidang Ilmu Manajemen, dan mempergunakan artikel-artikel hasil penelitian dalam bidang keilmuan sebagai bahan kajian, strategi penelusuran permasalahan, dan pengembangan rancangan penelitian disertasi. Mempergunakan forum diskusi akademik untuk memperkaya dan mempertajam hasil kajian dari berbagai perspektif yang relevan dan analisis terhadap permasalahan penelitian. Forum diskusi akademik juga dimaksudkan untuk mengkaji berbagai alternatif desain penelitian dan teknik analisis data yang relevan dengan permasalahan penelitian. Matakuliah juga memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk menyusun dan mengembangkan karya akademik dalam bentuk usulan penelitian disertasi. Implementasi strategi pembelajaran memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menentukan dan memutuskan pengalaman belajar mandiri. Para mahasiswa dapat memilih dan menentukan bahan-bahan kajian konseptual-teoretik dan empirik dengan dukungan referensi yang relevan sesuai permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam mengembangkan proposal disertasi. Berdasarkan hasil pengembangan proposal disertasi, masing-masing mahasiswa secara individual memperesentasikan dalam forum akademik mengenai rencana penelitian disertasi sesuai dengan hasil kajian yang telah dilakukan. Presentasi didukung dengan makalah ringkas dan paparan presentasi. Masukan-masukan selama proses diskusi akademik menjadi bahan perbaikan pengembangan proposal disertasi. Paparan presentasi dirancang baik untuk presentasi tatap muka secara langsung, maupun untuk presentasi dalam jaringan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki integritas dan etika akademik, serta menjunjung tinggi pengakuan atas hak kekayaan intelektual (property right and copyright) di bidang keilmuan.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Ilmu Manajemen, khususnya di wilayah kajian permasalahan UMKM dan pengembangannya.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan melakukan penelusuran dan menelaah artikel-artikel dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan problematika yang menjadi fokus kajian dalam bidang Ilmu Manajemen (khususnya di wilayah kajian permasalahan UMKM dan pengembangannya), menganalisis, menuangkan dalam bentuk laporan tertulis, dan menyajikan hasil kajian.
  • Memiliki kecakapan mendesain berbagai rancangan penelitian yang relevan dengan permasalahan yang telah diidentifikasi, dan menyusun desain operasional penelitian, mengembangkan instrumen penelitian, menggunakan beragam teknik validasi dan analisis data yang relevan dengan desain penelitian, yang dituangkan dalam proposal disertasi.
  • Memiliki kecakapan mengelola (merencanakan, mengorganisasikan, dan melaksanakan) kegiatan penelitian empirik sesuai desain penelitian.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan menentukan fokus problematika di bidang Ilmu Manajemen (khususnya di wilayah kajian permasalahan UMKM dan pengembangannya), menelusuri berbagai jurnal internasional bereputasi yang relevan, mempergunakan artikel-artikel dari berbagai jurnal tersebut sebagai rujukan penulisan proposal disertasi dengan format sesuai ketentuan.
  • Mahasiswa memiliki kecakapan membuat paparan gagasan dengan mengikuti kaidah etika penulisan akademik dan perujukan yang diakui secara internasional.
  • Mahasiswa memiliki kecakapan mempergunakan aplikasi deteksi plagiasi (plagiarism detection) dengan berbagai alternatif pilihan yang tersedia secara bebas (open source) dan mengimplementasikannya dalam pengujian kemiripan pada proposal disertasi.
  • Mahasiswa memiliki kecakapan mempergunakan aplikasi sistem perujukan yang tersedia secara bebas (open source) dan mengimplementasikannya dalam penulisan proposal disertasi.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyiapkan paparan presentasi, dan menyajikan paparan proposal disertasi secara komprehensif dalam forum akademik.
Daftar Pustaka:
  • Blair, L. 2016. Writing a Graduate Thesis or Dissertation. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.
  • Evans, D. Gruba, P. & Zobel, J. 2014. How to Write a Better Thesis. New York: Springer.
  • Graustein, J.S. 2011. How to Write an Exceptional Thesis or Dissertation. A Step-By-Step Guide from Proposal to Successful Defense. Ocala, Florida: Atlantic Publishing Group.
  • Hamper, R.J. & Baugh, L.S. 2011. Handbook for Writing Proposals. 2nd Edition. New York: McGrawHill.
  • Kornuta, H.M. & Germaine, R.W. 2019. A Concise Guide to Writing a Thesis or Dissertation, Educational Research and Beyond, 2nd Edition. New York: Routledge.
  • McMillan, K. & Weyers, J. 2011. How to Write Dissertations and Project Reports. Harlow, England: Pearson Education.
  • Parija, S.C. & Kate, V. 2018. Thesis Writing for Master's and Ph.D. Program. Gateway East, Singapore: Springer.
  • Roberts, C. & Hyatt, L. 2019. The Dissertation Journey: A Practical and Comprehensive Guide to Planning, Writing, and Defending Your Dissertation. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.
  • Terrell, S.R. 2016. Writing a Pr
  • oposal for Your Dissertation. New York, London: The Guilford Press. Daftar Rujukan Pendukung: American Psychological Association. 2012. APA Style Guide to Electronic References. 6th Edition. Washington DC. Bailey, S. 2015. Academic Writing for International Students of Business. 2nd Edition. New York: Routledge. Bailey, S. 2018. Academic Writing, A Handbook for International Students. 5th Edition. New York: Routledge. Bairagi, V. & Munot, M. V. 2019. Research Methodology, A Practical and Scientific Approach. New York: Taylor & Francis. Belcher, W.L. 2019. Writing Your Journal Article in Twelve Weeks, a Guide to Academic Publishing Success. 2nd Edition. Chicago: The University of Chicago. Burdine, L.K., Maymone, M.B. de Castro, Vashi, N.A. 2019. Text recycling: Self-plagiarism in scientific writing. International Journal of Women's Dermatology. 5, 134-136. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijwd.2018.10.002 Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. 8th Edition. New York: Routledge. Committee on Publication Ethics (COPE). Guidelines on Good Publication Practice. The COPE Report 1999. Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. 4th Edition. Singapore: Sage. Elsevier. 2017. Ethics in Research & Publication. https://ethics.elsevier.com Hegel, G.W.F. 2009. Heidelberg Writing Journal Publication. (Translated by Brady Bowman and Allen Speight). New York: Cambridge University. Kemenristekdikti. 2019. Pedoman Kaidah Integritas Akademik 2019. Leavy, A. 2017. Research Design, Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford. Mallette, L. & Bewrger, C. 2011. Writing for Conferences a Handbook for Graduate Students and Faculty. Santa Barbara, California: Greenwood. Meyers, A. 2014. Longman Academic Series, Level 5: Essays to Research Papers. White Plains, NY: Pearson Education. Neuman, W. L. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 7th Edition. London: Pearson. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penaggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.