خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D24-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas konsep, desain, dan implementasi lingkungan belajar yang terintegrasi secara efektif, baik secara fisik maupun digital, untuk mendukung proses pembelajaran yang holistik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menggabungkan berbagai sumber daya, teknologi, dan strategi pedagogis untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan inklusif. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya manajemen dan evaluasi lingkungan belajar, dengan fokus pada optimalisasi interaksi antara peserta didik, materi, dan teknologi. Tujuannya adalah untuk membentuk lingkungan yang mendukung kolaborasi, fleksibilitas, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D24-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas konsep, desain, dan implementasi lingkungan belajar yang terintegrasi secara efektif, baik secara fisik maupun digital, untuk mendukung proses pembelajaran yang holistik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menggabungkan berbagai sumber daya, teknologi, dan strategi pedagogis untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan inklusif. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya manajemen dan evaluasi lingkungan belajar, dengan fokus pada optimalisasi interaksi antara peserta didik, materi, dan teknologi. Tujuannya adalah untuk membentuk lingkungan yang mendukung kolaborasi, fleksibilitas, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merancang dan menciptakan lingkungan belajar digital yang efektif dan interaktif dengan menerapkan prinsip-prinsip desain instruksional dan teori pembelajaran berbasis teknologi.
- Mahasiswa mampu memilih dan menggunakan lingkungan belajar yang tepat dengan memanfaatkan berbagai platform teknologi (misalnya, Learning Management System, aplikasi kolaboratif) untuk mendukung berbagai gaya belajar dan kebutuhan.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis teknologi yang mengintegrasikan teori pembelajaran, pedagogi konten, dan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan interaktif.
- Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian pendidikan dalam pengelolaan dan perbaikan lingkungan belajar, berdasarkan data hasil evaluasi dan umpan balik.
- Mahasiswa mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, yang mendukung beragam peserta didik dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan, serta mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan metode pembelajaran terbaru.
- Ujian Akhir Semester
- Ujian tengah semester dan refleksi
- 1. Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- 2. Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology. New York, NY: Springer.
- 3. Warger, T., & Dobbin, G. (2009). Learning environments: Where space, technology, and culture converge. EDUCAUSE Learning Initiative.
- 4. Land, S., & Jonassen, D. (Eds.). (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.
- 5. Imms, W., Cleveland, B., & Fisher, K. (Eds.). (2016). Evaluating learning environments: Snapshots of emerging issues, methods and knowledge. Springer.
- 6. Dziuban, C. D., Picciano, A. G., Graham, C. R., & Moskal, P. D. (2015). Conducting research in online and blended learning environments: New pedagogical frontiers. Routledge.
- 7. Carneiro, R., Lefrere, P., Steffens, K., & Underwood, J. (Eds.). (2012). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (Vol. 5). Springer Science & Business Media.
- 8. Zajda, J. (2021). Globalisation and education reforms: Creating effective learning environments (Vol. 25). Springer Nature.
- 9. Kelly, K., & Zakrajsek, T. D. (2023). Advancing online teaching: Creating equity-based digital learning environments. Taylor & Francis.
- 10. Bloom, C. P., & Loftin, R. B. (Eds.). (2020). Facilitating the development and use of interactive learning environments. CRC Press.
- 11. Jonassen, David, Michael J. Spector, Marcy Driscoll, M. David Merrill, Jeroen van Merrienboer, and Marcy P. Driscoll. Handbook of research on educational communications and technology: a project of the association for educational communications and technology. Routledge, 2008.
- المعلم: Citra Kurniawan
- الطلاب المسجلون: 27
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.