Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Strategi Pembelajaran IPS merupakan matakuliah teori dan praktek penyusunan perangkat pembelajaran IPS. Selesai mengikuti perkulihan, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran IPS yang bermakna dan implementatif. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Dalam perkuliahan dibahas tentang konsep pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran IPS; masalah-masalah pembelajaran IPS di kelas; eksplorasi alternatif solusi terhadap permasalahan pembelajaran IPS; pembuatan rencana aksi berupa perangkat pembelajaran yang relevan terhadap pemecahan masalah. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui aktivitas partisipatif case method (pemecahan masalah) dengan bobot 50%, kognitif berupa tugas dengan bobot 10%, UTS 15%, dan UAS 25%.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Strategi Pembelajaran IPS merupakan matakuliah teori dan praktek penyusunan perangkat pembelajaran IPS. Selesai mengikuti perkulihan, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran IPS yang bermakna dan implementatif. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Dalam perkuliahan dibahas tentang konsep pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran IPS; masalah-masalah pembelajaran IPS di kelas; eksplorasi alternatif solusi terhadap permasalahan pembelajaran IPS; pembuatan rencana aksi berupa perangkat pembelajaran yang relevan terhadap pemecahan masalah. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui aktivitas partisipatif case method (pemecahan masalah) dengan bobot 50%, kognitif berupa tugas dengan bobot 10%, UTS 15%, dan UAS 25%.
Capaian Pembelajaran
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam menganalisis perbedaan pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran IPS
- Menganalisis masalah-masalah pembelajaran IPS di kelas serta mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan memanfaatkan berbagai teknik seperti observasi, wawancara, dan melakukan kajian literatur
- Menganalisis eksplorasi alternatif solusi dan menentukan solusi secara tepat terhadap permasalahan pembelajaran IPS serta mempresentasikannya dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, instrumen penilaian dengan memperhatikan keragaman peserta didik dan mempresentasikannya dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Asril, Zaenal. 2013. Micro Teaching Disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
- Depdiknas, Tanpa tahun. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
- Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Eskasasnanda, I.D.P., Purnomo, A., 2018. Knowledge Sharing Motivation And Benefits In Faculty Of Social Sciences Lesson Study Community (Kls) Universitas Negeri Malang. Res. Rep.
- Eskasasnanda, I.D.P., Wahyuningtyas, N., N.D. Pembelajaran Berharga Mahasiswa Selama Pelaksanaan Lesson Study Dalam Matakuliah Kajian Pengalaman Lapangan. Daft. Isi 33.
- Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curicula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.
- Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ibrohim & Istamar Syamsuri. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM.
- Kasali, R. 2017. Mengubah Generasi Rapuh Menjadi Generasi Tangguh “Strawberry Generation”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kasali, R. 2017. Disruptoin: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
- Kemendikbud, 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Muchtar, Suwarma, Al. 2014. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi
- Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, dan Nevy Farista Aristin. 2016. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol.1(1):70-76.
- Ratnawati, N., et.,al., 2019. Dota Gamification in Learning.
- Ratnawati, N., Wahyuningtyas, N., 2017. Lesson Study In Strengthening The Role Model LearninG DOTA in the Course Practice Field Study (KPL).
- Ratnawati, Nurul dan Sukamto. 2019. Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru-guru IPS SMP dalam Upaya Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Widya Laksana, Vol. 8 (2): 102-106.
- Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
- Pengajar: Neni Wahyuningtyas, M.Pd
- Pelajar terdaftar: 39
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.