Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Pengelolaan Laboratorium: pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan laboratorium dalam pembelajaran; Keselamatan dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan, perlengkapan keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan; Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alat-alat gelas, porselen dan plastik, alat-alat logam, alat-alat optik, alat-alat elektrik; Pengenalan dan penanganan bahan kimia: penggolongan bahan kimia, karakteristik bahan kimia, pengelolaan bahan kimia; Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop, pengenalan macam-macam mikroskop, perawatan mikroskop; Penggunaan bermacam-macam neraca: cara kerja berbagai neraca elektrik dan manual, fungsi khusus masing-masing neraca, keunggulan dan kekurangan masing-masing neraca, sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran; Pengukuran volume dengan berbagai macam alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan penggunaan masing-masing, kesalahan dalam pengukuran; Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator pH, cara kerja dan penggunaan pH meter; Penggunaan termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masing-masing, kesalahan dalam pengukuran suhu; Pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas, molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm, cara pembuatan larutan, pengenceran larutan; Penggunaan sentrifus: prinsip kerja, fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus; Pemisahan molekul dari bahan biologis: prinsip pemisahan molekul, mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan macam-macam kromatografi); Penggunaan spektrofotometer: prinsip kerja, fungsi dan penggunaan macam-macam spektrofotometer, spektrum absorbsi berbagai senyawa, cara menganalisis hasil spektrofotometer.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Pengelolaan Laboratorium: pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan laboratorium dalam pembelajaran; Keselamatan dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan, perlengkapan keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan; Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alat-alat gelas, porselen dan plastik, alat-alat logam, alat-alat optik, alat-alat elektrik; Pengenalan dan penanganan bahan kimia: penggolongan bahan kimia, karakteristik bahan kimia, pengelolaan bahan kimia; Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop, pengenalan macam-macam mikroskop, perawatan mikroskop; Penggunaan bermacam-macam neraca: cara kerja berbagai neraca elektrik dan manual, fungsi khusus masing-masing neraca, keunggulan dan kekurangan masing-masing neraca, sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran; Pengukuran volume dengan berbagai macam alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan penggunaan masing-masing, kesalahan dalam pengukuran; Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator pH, cara kerja dan penggunaan pH meter; Penggunaan termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masing-masing, kesalahan dalam pengukuran suhu; Pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas, molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm, cara pembuatan larutan, pengenceran larutan; Penggunaan sentrifus: prinsip kerja, fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus; Pemisahan molekul dari bahan biologis: prinsip pemisahan molekul, mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan macam-macam kromatografi); Penggunaan spektrofotometer: prinsip kerja, fungsi dan penggunaan macam-macam spektrofotometer, spektrum absorbsi berbagai senyawa, cara menganalisis hasil spektrofotometer.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
- Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
- Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
- Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi
- Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi
- Coyne, GS. 1997. The Laboratory Companion, A Practical Guide to Materials, Equipment, and Technique. Canada: John Wiley & Sons, Inc
- Sanders S. 2018. Your Practical Guide to Basic Laboratory Techniques. Amerika: The American Association for the Advancement of Science
- Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. 2011. Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Tenzer, A., dan Setiowati, F.K.2016. Petunjuk Praktikum Teknik Laboratorium. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM
- Kasmui. 2013. Pengelolaan Laboratorium IPA. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang
- Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press.
- Brink, O.G., Flink, R.J. dan Sachri, S. 1984. Dasar-dasar Ilmu Instrumen. Jakarta: Bina Cipta.
- Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi. Bandung: ITB Press
- Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB
- Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI – IMSTEP JICA
- Teacher: Agung Wibowo
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.