Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
PR-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Lingkungan Belajar merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mengelola berbagai sumber belajar dengan konteks konten pedagogy melalui pengembangan diri sehingga mahasiswa memiliki bekal menjadi praktisi yang mampu menunjukkan pengelolaan pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dari berbagai sumber-sumber belajar kekinian dan mutakhir (unsur SCPL 2). Pengelolaan berbagai sumber belajar dilakukan melalui proses pengelolaan dengan mempertimbangkan keragaman pebelajar dan kode etik Teknologi Pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam keilmuan pengelolaan sumber belajar.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
PR-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Lingkungan Belajar merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mengelola berbagai sumber belajar dengan konteks konten pedagogy melalui pengembangan diri sehingga mahasiswa memiliki bekal menjadi praktisi yang mampu menunjukkan pengelolaan pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dari berbagai sumber-sumber belajar kekinian dan mutakhir (unsur SCPL 2). Pengelolaan berbagai sumber belajar dilakukan melalui proses pengelolaan dengan mempertimbangkan keragaman pebelajar dan kode etik Teknologi Pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam keilmuan pengelolaan sumber belajar.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu melakukan pengelolaan sumber belajar dan melakukan penguatan mengelola konten pedagogi sebagai upaya peningkatan pembelajaran dan kinerja, menerapkan teknologi dan proses, studi dan penilaian belajar dan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu mengkonstruksi sikap dalam menghargai keilmuan pengelolaan sumber belajar, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif.
- Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan keragaman pebelajar dan lingkungan yang multikultural
- Ujian dan Evaluasi
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer
- Warger, T., & Dobbin, G. (2009). Learning environments: Where space, technology, and culture converge. EDUCAUSE Learning Initiative.
- Land, S., & Jonassen, D. (Eds.). (2012). Theoretical foundations of learning environments. Routledge.
- Imms, W., Cleveland, B., & Fisher, K. (Eds.). (2016). Evaluating learning environments: Snapshots of emerging issues, methods and knowledge. Springer.
- Dziuban, C. D., Picciano, A. G., Graham, C. R., & Moskal, P. D. (2015). Conducting research in online and blended learning environments: New pedagogical frontiers. Routledge
- Carneiro, R., Lefrere, P., Steffens, K., & Underwood, J. (Eds.). (2012). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments (Vol. 5). Springer Science & Business Media.
- Zajda, J. (2021). Globalisation and education reforms: Creating effective learning environments (Vol. 25). Springer Nature.
- Kelly, K., & Zakrajsek, T. D. (2023). Advancing online teaching: Creating equity-based digital learning environments. Taylor & Francis.
- Bloom, C. P., & Loftin, R. B. (Eds.). (2020). Facilitating the development and use of interactive learning environments. CRC Press.
- Jonassen, David, Michael J. Spector, Marcy Driscoll, M. David Merrill, Jeroen van Merrienboer, and Marcy P. Driscoll. Handbook of research on educational communications and technology: a project of the association for educational communications and technology. Routledge, 2008.
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Pengajar: Citra Kurniawan
- Pelajar terdaftar: 7
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.