Pilihan pendaftaran

Kajian Kritis Etnopedagogi
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B3-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam teori dan praktik etno-pedagogi sebagai pendekatan pendidikan yang berakar pada budaya lokal, berorientasi kontekstual, dan berpandangan global. Mahasiswa akan mengeksplorasi pemikiran kritis terhadap pengetahuan lokal (indigenous knowledge), peran budaya dalam pendidikan dasar, serta strategi pengintegrasian nilai-nilai budaya ke dalam pembelajaran, kurikulum, dan kebijakan pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengembangkan dan mengelola kelembagaan pendidikan dasar secara reflektif, kritis, dan etis, dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, prinsip inklusivitas, dan perspektif global.
  • Mampu menganalisis peran budaya lokal dalam mendukung proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum.
  • Mampu mengkaji studi kasus pendidikan berbasis budaya lokal dan mengkritisinya secara ilmiah.
  • Mampu merancang model pembelajaran atau kurikulum berbasis etno-pedagogi secara reflektif dan inovatif.
Daftar Pustaka:
  • Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). Teachers College Press.
  • Semali, L., & Kincheloe, J. (Eds.). (1999). What is indigenous knowledge? Voices from the academy. Routledge.
  • Sihombing, B. (2021). Etno-Pedagogi: Teori dan praktik dalam pendidikan kontekstual. (Buku lokal relevan).
  • Rosa, M. and Orey, D. (2016). State of the art in ethnomathematics., 11-37. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3
  • Kelly, A. and Lu, X. (2021). A pedagogy of critical landscape planning., 13-36. https://doi.org/10.1007/978-981-16-4067-4_2 Kelly, A. and Lu, X. (2021). A pedagogy of critical landscape planning., 13-36. https://doi.org/10.1007/978-981-16-4067-4_2
  • Woodley, H. (2020). 26. using journaling and autoethnography to create counter-narratives of school exclusion in britain., 569-586. https://doi.org/10.11647/obp.0203.26
  • Rapanta, C. and Trovão, S. (2021). Intercultural education for the twenty-first century: a comparative review of research., 9-26. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71778-0_2
  • Blackwood, R. and Røyneland, U. (2021). Spaces of multilingualism.. https://doi.org/10.4324/9781003125839
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.