Diskusi kualitas instrumen penilaian

Diskusi kualitas instrumen penilaian

Diskusi kualitas instrumen penilaian

by PUTRI INTAN -
Number of replies: 0

1.      Dalam konteks pembelajaran berdasarkan standar isi yang baik adalah soal/tugas yang benar-benar mengukur penguasaan materi yang seharusnya dikuasai sesuai isi kurikulum dan soal yang benar-benar mengukur penguasaan kompetensi dasar pada standar isi. Untuk menyusun tes yang memiliki validitas yang tinggi, ditempuh prosedur

(1) identifikasi kompetensi secara perinci dan perincian indikator dalam kurikulum,

(2) membuat kisi-kisi secara lengkap dan teperinci yang mencantumkan pula sebaran tugas,

(3) menjabarkan dan menulis butir soal/tugas dengan berpijak pada kisi-kisi tersebut.

2.      Agar rubrik menulis/berbicara menjadi reliabel terdapat prosedur yang perlu ditempuh untuk menghasilkan pedoman penyekoran yang reliabel diuraikan melalui langkah-langkah dalam menyusun rubrik untuk menjaga reliabilitas antar korektor. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Mencermati karakteristik kompetensi dasar dan indikator.

b. Menentukan deskriptor yang lebih teramati dari kompetensi.

c. Menyusun perilaku yang teramati (deskriptor) dari suatu kompetensi.

d. Menentukan skor maksimal untuk semua munculnya deskriptor.

e. Menentukan skor maksimal tiap-tiap indikator.

f. Membuat  gradasi (skor atau skala) pada tiap deskriptor.

g. Menata aspek, deskriptor, skor maksimal, dan gradasi skor pada sebuah tabel yang mudah dibaca dan digunakan.