Enrolment options

Kurikulum dan Desain Pembelajaran Seni
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup kurikulum pendidikan seni, meliputi: (a) pengertian kurikulum mencakup batasan,azas kurikulum, organisasi kurikulum, seni rupa dalam berbagai kurikulum; (b) Perkembangan kurikulum seni di Indonesia berdasarkan orientasi, tipe/bentuk organiasasi, jenis program, deskripsi tujuan, bahan kajian, dan alokasi waktu; (c) Perubahan Kurikulum Seni Seni Budaya yang berlaku, rasional perubahan, landasan, prinsip pengembangan, struktur, standar kelulusan, standar isi, standar penilaian; (e) Perbedaan pokok kurikulum yang berlaku dengan sebelumnya; dan (f) Struktur dan ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya yang berlaku di sekolah umum dan/ atau sekolah Kejuruan; (g) Pengembangan peta kompetensi, materi pokok, sub materi pokok sesuai jenis bahan ajar untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai berbagai konsep kurikulum, azas kuriku-lum, dan organisasi kurikulum.
  • Menguasai berbagai konsep kurikulum, azas kuriku-lum, dan organisasi kurikulum.
  • Mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum pendidikan seni di Indonesia berdasarkan orientasi, tipe/bentuk organisasi kurikulum, jenis program, deskripsi tujuan, bahan kajian, dan alokasi waktu.
  • Mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum pendidikan seni di Indonesia berdasarkan orientasi, tipe/bentuk organisasi kurikulum, jenis program, deskripsi tujuan, bahan kajian, dan alokasi waktu.
  • Mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum yang sedang berlaku berdasarkan rasional perubahan, landasan, pengertian, prinsip, pengembangan, struktur dan muatan isi, standar isi, standar kompetensi lulusan.
  • Mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum yang sedang berlaku berdasarkan rasional perubahan, landasan, pengertian, prinsip, pengembangan, struktur dan muatan isi, standar isi, standar kompetensi lulusan.
  • Mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum pendidikan seni sebagai dasar untuk mengembangkan peta kompetensi dan materi pokok/sub materi, sesuai kompetensi apresiasi seni, ekspresi seni, pengetahuan seni, dan keterampilan seni.
  • Mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum pendidikan seni sebagai dasar untuk mengembangkan peta kompetensi dan materi pokok/sub materi, sesuai kompetensi apresiasi seni, ekspresi seni, pengetahuan seni, dan keterampilan seni.
  • Mengidentifikasi hakekat tipe bahan ajar seni dan karakteristik bahan ajar seni disekolah
  • Mengidentifikasi hakekat tipe bahan ajar seni dan karakteristik bahan ajar seni disekolah
  • Mengidentifikasi peta kompetensi, materi pokok, dan sub materi pokok bahan ajar pengetahuan, berkarya seni, berapresiasi/kritik seni, dan berpameran karya seni dan mengembangkan peta kompetensi, materi pokok, dan sub materi pokok bahan ajar seni.
  • Mengidentifikasi peta kompetensi, materi pokok, dan sub materi pokok bahan ajar pengetahuan, berkarya seni, berapresiasi/kritik seni, dan berpameran karya seni dan mengembangkan peta kompetensi, materi pokok, dan sub materi pokok bahan ajar seni.
  • Mengidentifikasi bahan pembelajaran seni sesuai silabus dan RPP sertamerancang bahan pembelajaran seni sesuai kriteria dan prosedur pengembangan bahan ajar.
  • Mengidentifikasi bahan pembelajaran seni sesuai silabus dan RPP sertamerancang bahan pembelajaran seni sesuai kriteria dan prosedur pengembangan bahan ajar.
  • Mengidentifikasi pengembangan bahan ajar seni dalam bentuk hand out, penggalan materi ajar, penggalan midul ajar, LKPD, dan sejenisnya mewujudkan pengembangan bahan ajar digital e-learning serta mewujudkan pengembangan bahan ajar digital e-learning.
  • Mengidentifikasi pengembangan bahan ajar seni dalam bentuk hand out, penggalan materi ajar, penggalan midul ajar, LKPD, dan sejenisnya mewujudkan pengembangan bahan ajar digital e-learning serta mewujudkan pengembangan bahan ajar digital e-learning.
Daftar Pustaka:
  • Soehardjo, A.J. 1986. Buku Petunjuk Guru Untuk Pendidikan Seni Rupa Sekolah Menengah Umum. Malang: diterbitkan sendiri
  • Depdikbud. 2006. KTSP: Standar Isi. Jakarta: BNSP
  • Dirjen Dikmenum. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen
  • Iriaji, 2010. Karakteristik Pembelajaran Seni Budaya dan Ruang Lingkup Bahan Ajar Seni Budaya (Hand Out MK Kurikulum Pendidikan Seni), Malang: JSD FS UM.
  • Kemendikbud. 2013. Kurikulum Seni Budaya Sekolah Menengah 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  • Kemendikbud. 2013. Struktur Kurikulum SD, SMP, SMA 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  • Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kometensi (Konsep Karakteristik, dan Implementasi), Bandung: Rosda.
  • Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013. Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  • Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum
  • Priyatni, Endah Tri. 2010. KTSP: Landasan Hukum dan Komponennya, Malang: JSD FS UM.
  • Wickiser, Ralph L. 1974. Menuju Ke Pendidikan Seni. (terjemahan A.J. Soehardjo). Malang: IKIP PPPT
  • Eisner, Eliot W. 1979. The Educational Imagination. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.
  • Ross, Malcolm. 1978. The Creative Arts. London: Heineman Educational Books
Guests cannot access this course. Please log in.