Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Mata kuliah ini menyediakan sarana untuk mempelajari konsep tentang 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar khusus materi Geografi dan mengharuskan setiap mahasiswa untuk melakukan praktik 2 kali di dalam kelompoknya untuk masing-masing keterampilan dasar. Setiap mahasiswa yang telah melakukan praktik harus dilakukan diskusi untuk refleksi pelaksanaan praktik dan melaporkan dengan mengunggah di LMS (Sipejar). Perkuliahan ini menerapkan pendekatan case method based learning yaitu setiap kelompok dari 6 (enam) kelompok akan menjadi kelompok ahli berupa salah satu keterampilan dasar mengajar (keterampilan mengajar ke 1 sampai ke 6, dan team project based learning yakni setiap kelompok menghasilkan media/bahan ajar dari keterampilan dasar menjadi tanggung jawabnya di akhir perkuliahan. Penilaian yang menjadi fokus dalam mata kuliah ini berupa keaktifan dan partisipasi dalam kegiatan perkuliahan dan penyelesaian tugas baik individu maupun kelompok, UTS, UAS, dan Produk akhir hasil project based learning kelompok
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Mata kuliah ini menyediakan sarana untuk mempelajari konsep tentang 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar khusus materi Geografi dan mengharuskan setiap mahasiswa untuk melakukan praktik 2 kali di dalam kelompoknya untuk masing-masing keterampilan dasar. Setiap mahasiswa yang telah melakukan praktik harus dilakukan diskusi untuk refleksi pelaksanaan praktik dan melaporkan dengan mengunggah di LMS (Sipejar). Perkuliahan ini menerapkan pendekatan case method based learning yaitu setiap kelompok dari 6 (enam) kelompok akan menjadi kelompok ahli berupa salah satu keterampilan dasar mengajar (keterampilan mengajar ke 1 sampai ke 6, dan team project based learning yakni setiap kelompok menghasilkan media/bahan ajar dari keterampilan dasar menjadi tanggung jawabnya di akhir perkuliahan. Penilaian yang menjadi fokus dalam mata kuliah ini berupa keaktifan dan partisipasi dalam kegiatan perkuliahan dan penyelesaian tugas baik individu maupun kelompok, UTS, UAS, dan Produk akhir hasil project based learning kelompok
Capaian Pembelajaran
- Memiliki kemampuan menjelaskan konsep 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar
- Memiliki kemampuan menerapkan konsep 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar
- Memiliki keterampilan mendemonstrasikan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam suatu episode pembelajaran
- Hasibuan, JJ Cs.1994. Proses Belajar Mengajar Keterampilan dasar mengajar. Rosdakarya. Bandung
- Damanik, R., dkk., (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Penerbit: UMSU Press. Medan
- Gayatri, Yuni, (2022) Keterampilan Dasar Mengajar. Penerbit: UMSurabaya Publishing. Surabaya
- Haerullah, Ade. Hasan, Said (2022). KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR. Penerbit: UWAIS Inspirasi Indonesia. Ponorpgo.
- Devine, Thomas G. (1987). Teaching Study Skills: A Guide for Teachers. Penerbit: Allyn and Bacon. University of California
- UPT PPL.2009. Pedoman Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan
- Usman, User. 2001. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Rosdakarya. Bandung
- Wijaya, Cece,Cs. 1991. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Rosdakarya. Bandung
- Meta Br Ginting. 2022. Micro teaching. Penerbit Lakeisha.
- Pd, H. M., Mega, I. R., & Syahira, M. P. 2021. DASAR-DASAR MICRO TEACHING. CV Literasi Nusantara Abadi.
- Sayit Abdul Karim, S. P. 2022. Manajemen & Pelaksanaan Pengajaran Mikro (Microteaching). Cipta Media Nusantara.
- Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. 2021. Keterampilan dasar mengajar guru (Vol. 1). umsu press.
- Magdalena, Ina. 2022. Dasar-Dasar Micro Teaching. CV Jejak (Jejak Publisher).
- Gayatri, Yuni, 2023. Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya: UMSurabaya Publishing.
- Suherti, Herti. 2023. MICRO TEACHING: SISTEMATIKA KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Bayfa Cendekia Indonesia.
- Sutrisno, T. 2019. Keterampilan dasar mengajar (the art of basic teaching) (Vol. 121). Duta Media Publishing.
- Saifuddin, M. A. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.
- Khasanah, U. 2020. Pengantar Microteaching. Deepublish.
- Padmadewi, N. N. 2021. Pengantar Micro Teaching-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
- Kyriacou, C. 2018. Essential Teaching Skills Fifth Edition Ebook. United Kingdom: OUP Oxford
- Pagliaro, M. M. 2013. Mastery Teaching Skills: A Resource for Implementing the Common Core State Standards. United States: Rowman & Littlefield Education.
- Chipman, S. F., Segal, J. W., & Glaser, R. (Eds.). 2013 . Thinking and learning skills: Volume 2: Research and open questions. Routledge.
- Simister, C. J. 2007. How to Teach Thinking and Learning Skills: A Practical Programme for the Whole School. United Kingdom: SAGE Publications.
- Fadel, C., Trilling, B. 2012. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United Kingdom: Wiley.
- Farrell, T. S. C., Richards, J. C. 2011. Practice Teaching: A Reflective Approach. Spain: Cambridge University Press.
- Sugrue, C., & Day, C. 2001. Developing teachers and teaching practice. Florence: Routledge.
- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2004. A guide to teaching practice. Psychology Press.
- Duffy, T. M., & Kirkley, J. R. (Eds.). 2003. Learner-centered theory and practice in distance education: Cases from higher education. Routledge.
- Teacher: Alfi Sahrina
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.