Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A24-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai paradigma psikologi konseling dan aplikasinya bagi pemecahan masalah-masalah teoretis dan praktis dalam implementasi pelayanan bimbingan dan konseling (interdisiplin) dan pada latar pendidikan (multidisiplin). Perkuliahan dipusatkan pada kajian prinsip-prinsip utama, isu-isu, metode penelitian, hasil-hasil penelitian, teknologi, dan aplikasi paradigma psikodinamik, humanistik, eksistensial-fenomenologis, dan kognitif-behavioral bagi pemecahan masalah-masalah teoretis dan praktis dalam implementasi pelayanan bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Kegiatan perkuliahan mencakup penyajian suatu pokok bahasan yang diangkat dari jurnal ilmiah yang relevan dengan psikologi konseling untuk dibahas dalam pertemuan kelas. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa ditagih menghasilkan analisis penerapan paradigma psikologi konseling terpilih untuk memperkuat landasan teoretik penelitian disertasi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A24-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai paradigma psikologi konseling dan aplikasinya bagi pemecahan masalah-masalah teoretis dan praktis dalam implementasi pelayanan bimbingan dan konseling (interdisiplin) dan pada latar pendidikan (multidisiplin). Perkuliahan dipusatkan pada kajian prinsip-prinsip utama, isu-isu, metode penelitian, hasil-hasil penelitian, teknologi, dan aplikasi paradigma psikodinamik, humanistik, eksistensial-fenomenologis, dan kognitif-behavioral bagi pemecahan masalah-masalah teoretis dan praktis dalam implementasi pelayanan bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Kegiatan perkuliahan mencakup penyajian suatu pokok bahasan yang diangkat dari jurnal ilmiah yang relevan dengan psikologi konseling untuk dibahas dalam pertemuan kelas. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa ditagih menghasilkan analisis penerapan paradigma psikologi konseling terpilih untuk memperkuat landasan teoretik penelitian disertasi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa menganalisis hakikat paradigma psikologi konseling.
- Mahasiswa menganalisis Paradigma psikodinamik dan aplikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan konseling.
- Mahasiswa menganalisis Paradigma humanistik dan aplikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis Paradigma eksistensial-fenomenologis dan aplikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis Paradigma kognitif-behavioral dan aplikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis Paradigma posmodern dan aplikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini aplikasi paradigma psikodinamik dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini aplikasi paradigma humanistik dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini aplikasi paradigma eksistensial-fenomenologis dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini aplikasi paradigma kognitif-behavioral dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini aplikasi paradigma posmodern dalam pelayanan Bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menghasilkan makalah pengembangan pelayanan bimbingan dan konseling berdasarkan kajian berbagai paradigma psikologi konseling dan temuan terkini dalam pengembangan pelayanan bimbingan dan konseling
- Brown, S.D. & Lent, R.W. 2008. Hanbook of Counseling Psychology. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Corey, G. 2016. Theory and Practice of Group Counseling. Boston, MA: Cengage Learning.
- Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Boston, MA: Cengage Learning.
- Cottone, R. R., 2012. Paradigms of Counseling and Psychotherapy. Missouri: Robert Cottone, Publisher.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21th century. New York: Basic Books.
- Happner, P. P., Kivlighan, Jr., & Wampold, B. E. 2008. Research Design in Counseling. Pacific Grove, California: Brooks/Cole Publishing Company.c
- Sharf, R.S. 2012. Theories of Psychotherapies and Counseling: Concepts and Cases. Pacivic Grove, CA: Brooks/Cole.
- Thomas, J.C. & Hersen, M. 2003. Understanding Research in Clinical and Counseling Psychology. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Association.
- Pengajar: M. Ramli Dr. , M.A.
- Pelajar terdaftar: 11
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.