Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
15B-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai teori dan model konseling, serta model pengembangan sistem bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Kegiatan perkuliahan meliputi penyajian suatu pokok kajian yang diambil mahasiswa dari jurnal ilmiah yang relevan dengan bimbingan dan konseling untuk dibahas di kelas tentang segi-segi teori, model, dan pengembangan. Pengalaman belajar mahasiswa difokuskan pada pemahaman landasan teori, model, dan pengembangan implementasi pelayanan bimbingan dan konseling pada latar pendidikan, dan kemampuan mengembangkan teori dan model bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa menghasilkan makalah tentang teori dan model konseling atau model pengembangan sistem bimbingan dan konseling yang dijadikan dasar dalam penelitian disertasi.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
15B-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai teori dan model konseling, serta model pengembangan sistem bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Kegiatan perkuliahan meliputi penyajian suatu pokok kajian yang diambil mahasiswa dari jurnal ilmiah yang relevan dengan bimbingan dan konseling untuk dibahas di kelas tentang segi-segi teori, model, dan pengembangan. Pengalaman belajar mahasiswa difokuskan pada pemahaman landasan teori, model, dan pengembangan implementasi pelayanan bimbingan dan konseling pada latar pendidikan, dan kemampuan mengembangkan teori dan model bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa menghasilkan makalah tentang teori dan model konseling atau model pengembangan sistem bimbingan dan konseling yang dijadikan dasar dalam penelitian disertasi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa menganalisis hakikat teori dan model dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis perbandingan berbagai Teori dan model dalam bimbingan dan konseling
- Mahasiswa menganalisis pendekatan pengembangan pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis landasan teoretik sistem pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini paradigma Psikodinamik dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini paradigma Humanistik dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini paradigma Behavioral dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini paradigma Kognitif dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menganalisis temuan terkini paradigma Posmodern dalam pelayanan BK
- Mahasiswa menghasilkan teori bimbingan dan konseling pribadi dalam pelayanan BK
- Corey, G. 2016. Theory and Practice of Group Counseling. Boston, MA: Cengage Learning.
- Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Boston, MA: Cengage Learning.
- Erford, B.T. (ed). 2004. Profesional School Counseling: Handbook of Theories, Programs, and Practices. Austin, Texas: CAPS Press.
- Gysbers, N.C. & Henderson, P. 2006. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria: VA: ACA.
- Happner, P. P., Kivlighan, Jr., & Wampold, B. E. 2008. Research Design in Counseling. Pacific Grove, California: Brooks/Cole Publishing Company.
- Myrick, R.D. 2011. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach. Minneapolis, MN: Educational Media Corporation.
- Teacher: M. Ramli Dr. , M.A.
- Enrolled students: 11
Guests cannot access this course. Please log in.