Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B24-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan kelanjutan matakuliah Kajian Kerangka Berpikir Disertasi Bimbingan dan Konseling, yang diselenggarakan dengan memberi tugas kepada mahasiswa untuk melakukan kajian kritis dan mendalam atas isu dan masalah teoretik dan praktik bimbingan dan konseling atau layanan bantuan kemanusiaan, sesuai dengan minat penelitian mahasiswa dengan bersumber pada kedalaman teori dan paradigma keilmuan secara inter, multi dan transdisipliner. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. Materi kajian sesuai dengan topik disertasi mahasiswa dan disajikan dalam seminar di kelas. Target mata kuliah ini adalah mahasiswa menghasilkan kerangka pikir berupa uraian hasil kegiatan analisis dan sintesis bahan-bahan atau materi yang telah dipelajari, serta kerangka teoretik atau konseptual penelitian. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini, mahasiswa secara interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin melakukan telaah teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan task-based learning. Produk pembelajaran berupa deskripsi state of the art dan kerangka pikir teoretik atau konseptual disertasi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa dalam konteks keilmuan bimbingan dan konseling. Produk tersebut diseminarkan di akhir kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen pembimbing, serta submit artikel ke jurnal internasional bereputasi. Keberhasilan belajar dinilai berdasarkan kualitas kerangka pikir teoretik/konseptual naratif dan diagramatik penelitian serta tersubmit dalam suatu jurnal international bereputasi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B24-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan kelanjutan matakuliah Kajian Kerangka Berpikir Disertasi Bimbingan dan Konseling, yang diselenggarakan dengan memberi tugas kepada mahasiswa untuk melakukan kajian kritis dan mendalam atas isu dan masalah teoretik dan praktik bimbingan dan konseling atau layanan bantuan kemanusiaan, sesuai dengan minat penelitian mahasiswa dengan bersumber pada kedalaman teori dan paradigma keilmuan secara inter, multi dan transdisipliner. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. Materi kajian sesuai dengan topik disertasi mahasiswa dan disajikan dalam seminar di kelas. Target mata kuliah ini adalah mahasiswa menghasilkan kerangka pikir berupa uraian hasil kegiatan analisis dan sintesis bahan-bahan atau materi yang telah dipelajari, serta kerangka teoretik atau konseptual penelitian. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini, mahasiswa secara interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin melakukan telaah teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan task-based learning. Produk pembelajaran berupa deskripsi state of the art dan kerangka pikir teoretik atau konseptual disertasi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa dalam konteks keilmuan bimbingan dan konseling. Produk tersebut diseminarkan di akhir kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen pembimbing, serta submit artikel ke jurnal internasional bereputasi. Keberhasilan belajar dinilai berdasarkan kualitas kerangka pikir teoretik/konseptual naratif dan diagramatik penelitian serta tersubmit dalam suatu jurnal international bereputasi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu untuk melakukan kajian kritis dan mendalam atas isu dan masalah teoretik dan praktik bimbingan dan konseling atau layanan bantuan kemanusiaan, sesuai dengan minat penelitian mahasiswa dengan bersumber pada kedalaman teori dan paradigma keilmuan secara inter, multi dan transdisipliner.
- Mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.
- Mahasiswa menghasilkan kerangka pikir berupa uraian hasil kegiatan analisis dan sintesis bahan-bahan atau materi yang telah dipelajari, serta kerangka teoretik atau konseptual penelitian.
- Mahasiswa melakukan telaah teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan task-based learning.
- Mahasiswa melakukan submit artikel ke jurnal internasional bereputasi.
- Albert, T. 2016. Winning the Publication Game: The smart way to write your paper and get it published (4th Ed). Florida: Taylor and Francis Group.
- American Psychological Association. 2020. Publication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Washington DC: American Psychological Association.
- Barbara, G., & Day, R.A. 2016. How to Write and Publish a Scientific Paper. California: Greenwood.
- Chin, B.A. 2004. How to Write a Great Research Paper. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Flamez, B., Lenz, A. S., & Balkin, R. S. 2017. A Counselor’s Guide to the Dissertation Process: Where to Start and How to Finish. Alexandria: American Counseling Association.
- Hidayah, N. 2012. Process-Audit dalam Penyelenggaraan Pendidikan Akademik Jenjang S-1 Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 129-139.
- Kornuta, H.M., & Germaine, R.W. 2019. A Concise Guide to Writing a Thesis or Dissertation: Educational Research and Beyond (2nd Ed). Albrighton: Rouletdge.
- Miller, A. B. 2009. Finish Your Dissertation Once and For All: How to Overcome Psychological Barriers, Get Results and Move on with Your Life. Washington DC: American Psychological Association.
- Rahman, D. H. 2019. The Development and Validation of the Thesis-Writing Procrastination Scale. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 65-70). RedWhite Press.
- Rahman, D. H., Setyosari, P., Atmoko, A., & Hidayah, N. 2019. The Development of the Thesis-Writing Perfectionism Inventory. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(10), 643-648.
- Turabian, K. L. 1996. A Manual for Writers of Term Papers, Theses, and Dissertations. Chicago: The University of Chicago Press.
- Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang
- Teacher: Adi Atmoko Dr. ,M.Si
- Enrolled students: 7
Guests cannot access this course. Please log in.