• Deskripsi Mata Kuliah

     

    Semangat Pagi ! Selamat datang para generasi milenial  harapan bangsa.

    Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan salah satu di antaranya berkat peran dari para pemuda. Namun saat ini negara Indonesia sedang menghadapi berbagai permasalahan, seperti kasus korupsi, degradasi moral, penyalahgunaan narkoba, disintegrasi bangsa, tawuran dan yang lainnya. Anda sekalian sebagai generasi harapan bangsa apakah akan diam saja? Mari bahu membahu untuk mempersiapkan diri supaya negara Indonesia tidak mengalami kehancuran. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengikuti perkuliahan Pendidikan Pancasila. Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan kelompok Mata Kuliah Wajib Umum yang berfungsi sebagai sumber nilai dan pedoman dalam memantapkan kepribadian mahasiswa. Mata kuliah ini mengkaji materi ajar sebagai berikut.

    1. Pengantar Memahami Pendidikan Pancasila.
    2. Tinjauan Historis Pancasila.
    3. Pancasila sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara.
    4. Pancasila sebagai Sistem Filsafat.
    5. Pancasila sebagai Ideologi Negara.
    6. Pancasila sebagai Sistem Etika.
    7. Pancasila sebagai Dasar Nilai dalam Pengembangan Ilmu. 

    Proses pembelajaran menggunakan Flipped Classroom Model, yang terdiri atas tiga kegiatan pokok.

    1. Pembelajaran sebelum kelas (Before Classroom).
    2. Pembelajaran di Kelas (During Classroom).
    3. Pembelajaran Setelah Kelas (After Classroom).

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    1. Sikap
      Memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
    2. Pengetahuan
      Mampu menganalisis historis perumusan Pancasila, Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai ideologi negara, serta Pancasila sebagai  sistem etika dan dasar nilai dalam pengembangan ilmu.
    3. Keterampilan Umum
      Mampu menerapkan pemikiran logis berdasarkan Pancasila sebagai sistem filsafat, serta mengambil keputusan secara tepat berdasarkan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia.
    4. Keterampilan Khusus
      Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks pemecahan masalah yang dilakukan secara kacai jadi saleuwi ka darat jadi salogak (menggambarkan kerukunan dalam masyarakat), berkaitan dengan pandangan hidup bangsa, sistem filsafat, ideologi negara, sistem etika, dan pengembangan ilmu.

    Dosen Pengampu


    Urgensi Matakuliah Umum

    Seberapa pentingkah Matakuliah Umum diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi?
    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak video berikut:

    Refferensi

    1. Kaelan (2002). Pendidikan Pancasila. Jakarta : Paradigma 
    2. Latif, Y. (2011). Negara Paripurna: Historisistas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila.  Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    3. Naskah Undang Undang Dasar 1945.
    4. Nurwardani, P, Saksama, H.Y., Kuswanjono, A, Munir, M, Mustansyir, R, Nurdin, E.S., Mulyono, E., Prawatyani, S.J., Anwar,A.A., Evawany, Priyautama, F., Festanto, A. (2016). Pendidikan Pancasila: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemristekdikti Ditjen Belmawa.
    5. Yamin, Muhammad. (1960). Naskah Persiapan Undang-Undang Dasar 1945.  Jakarta : Jajasan Prapantja.

    Rencana Pembelajaran Semester

Pertemuan 9:Dinamika, Tantangan, esensi dan urgensi  Pancasila sebagai Ideologi NegaraPertemuan 11: Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat