Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
a. Landasan epistemologis dan paradigmatis penelitian pendidikan yang meliputi positivistis, interpretivis, teori kritis, dan post strukturalis; b. Desain penelitian dan analisis data kuantitatif: penelitian ex post facto dan experiment, dsb yang analisis datanya lebih berorientasi pada penggunaan aplikasi komputer seperti SPSS, SEM dan PLS c. Desain penelitian dan analisis data kualitatif: fenomenologis, etnografis, grounded theory, studi kasus, studi situs, dll. d. Desain dan analisis data penelitian tindakan. e. Desain dan analisis data penelitian kebijakan pendidikan. f. Desain penelitian pengembangan, a.l: four-D model, ADDIE, Bog & Gall, dan sebagainya, yang kesemuanya berbasis produk seperti buku ajar, modul, model pembelajaran maupun media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • -
  • Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
  • Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
  • Mampu memahami desain dan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
  • Mampu menyusun desain dan melakukan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
Daftar Pustaka:
  • Cohen, dkk. 2007. Research Method in Education. Routledge. New York
  • Bloomberg & Volpe, 2008. Completing Your Qualitative Disertation: A Roadmap From Beginning to End. London: SAGE Publication.
  • Creswell & Clark, 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: SAGE Publication.
  • Morrel & Carrol, 2010. Conducting Educational Research. Rotterdam: Sense Publishers.
  • Education: Examples of Methodology and Methods. Springer Dordrecht Heidelberg New York London.
  • Jurnal nasional/internasional bereputasi terkini dan relevan.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.