Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
a. Landasan epistemologis dan paradigmatis penelitian pendidikan yang meliputi positivistis, interpretivis, teori kritis, dan post strukturalis; b. Desain penelitian dan analisis data kuantitatif: penelitian ex post facto dan experiment, dsb yang analisis datanya lebih berorientasi pada penggunaan aplikasi komputer seperti SPSS, SEM dan PLS c. Desain penelitian dan analisis data kualitatif: fenomenologis, etnografis, grounded theory, studi kasus, studi situs, dll. d. Desain dan analisis data penelitian tindakan. e. Desain dan analisis data penelitian kebijakan pendidikan. f. Desain penelitian pengembangan, a.l: four-D model, ADDIE, Bog & Gall, dan sebagainya, yang kesemuanya berbasis produk seperti buku ajar, modul, model pembelajaran maupun media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
a. Landasan epistemologis dan paradigmatis penelitian pendidikan yang meliputi positivistis, interpretivis, teori kritis, dan post strukturalis; b. Desain penelitian dan analisis data kuantitatif: penelitian ex post facto dan experiment, dsb yang analisis datanya lebih berorientasi pada penggunaan aplikasi komputer seperti SPSS, SEM dan PLS c. Desain penelitian dan analisis data kualitatif: fenomenologis, etnografis, grounded theory, studi kasus, studi situs, dll. d. Desain dan analisis data penelitian tindakan. e. Desain dan analisis data penelitian kebijakan pendidikan. f. Desain penelitian pengembangan, a.l: four-D model, ADDIE, Bog & Gall, dan sebagainya, yang kesemuanya berbasis produk seperti buku ajar, modul, model pembelajaran maupun media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
- -
- Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
- Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
- Mampu memahami desain dan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
- Mampu menyusun desain dan melakukan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
- Cohen, dkk. 2007. Research Method in Education. Routledge. New York
- Bloomberg & Volpe, 2008. Completing Your Qualitative Disertation: A Roadmap From Beginning to End. London: SAGE Publication.
- Creswell & Clark, 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: SAGE Publication.
- Morrel & Carrol, 2010. Conducting Educational Research. Rotterdam: Sense Publishers.
- Education: Examples of Methodology and Methods. Springer Dordrecht Heidelberg New York London.
- Jurnal nasional/internasional bereputasi terkini dan relevan.
- Akker, J., Branch, R. M., Gustafon, K., Nieveen, N & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher
- Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S. & Nievenn, N. (2006). Educational Desain Research. New York: Routledge
- Branch, R.B. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer
- Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research 4th edition. New York & London: Longman
- Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press
- Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press
- Creswell, J. (2015). Educational Research. Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education
- Dick, W., Carey, L., Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Columbus: Pearson
- Ghozali, I & Fuad. (2014). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 9.10 (Edisi ke-4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
- Sukidin, Basrowi dan Suranto. (2002). Manajemen Penelitian Pendidikan Kelas. Insan Cendekia
- Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2007). Designing Effective Instruction (5th edition).
- Teacher: Dr. Riska Pristiani , S.Pd, M.Pd
- Teacher: Cholis Sa'dijah
- Enrolled students: 9
Guests cannot access this course. Please log in.