Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mahasiswa mengkaji dan mengembangkan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra. Pokok bahasannya meliputi prinsip-prinsip asesmen dalam pembelajaran , pendekatan dan dasar pengembangan dan penggunaan alat penilaian bahasa baik berupa tes maupun nontes, Common european reference framework (CEFR), telaah terhadap ciri-ciri alat penilaian yang baik, serta penafsiran dan penetapan hasilnya serta praktik pengembangan instrumen asesmen dalam pembelajaran bahasa berbasis CEFR. Diskusi dan presentasi merupakan kegiatan utama perkuliahan, disusul dengan proyek akhir semester yang berupa pengembangan penilaian dan laporan analisis pelaksanaan nyata suatu bentuk penilaian bahasa dan sastra.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu menganalisis konsep pengembangan asesmen lanjut pembelajaran bahasa dan sastra.
  • 2. Terampil mengembangkan instrumen asesmen untuk tujuan penilaian hasil pembelajaran bahasa dan sastra.
  • 3. Mampu menganalisis hasil pengukuran dalam bentuk penilaian hasil belajar bahasa dan sastra.
  • 4. Terampil dalam menyusun laporan hasil analisis pelaksanaan penilaian.
Daftar Pustaka:
  • 1. Brown, H.D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education, Inc.
  • 2. Council of Europe. 2001. Common European Framework of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment. Cambridge University Press
  • 3. Hasselgreen, A, Kalėdaitė, V, Martín, N.M, & Pižorn, K. 2011. Assessment of young learner literacy linked to the Common European Framework of Reference for Languages. European Centre for Modern Languages. Council of Europe Publishing
  • 4. Hughes, A. 2003. Testing for language teachers. Cambridge: Cambride University Press.
  • 5. Falloon, Garry. 2019. From simulations to real: Investigating young students’learning and transfer from simulation to real tasks. British Journal of Educational Technology. Vol 0 No 0. Doi: 10.1111/bjet.12885
  • 6. Kratwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory into Practice, Volume 41, Number 4, Autumn 2002. College of Education, The Ohio State University
  • 7. Wijayati, P.H. , Suyata, & Sumarno. 2013. Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kaizen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 17 (2), pp. 318-332.
  • 8. Wijayati, P.H. 2019. Bunga Rampai: Mewujudkan Manusia Unggul Melalui Pendidikan. „Kaizen di dalam Evaluasi Pembelajaran Multisumber“ pp. 294 – 341. Solo: UNS Press
Guests cannot access this course. Please log in.