Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa mempelajari ruang lingkup Dasar-dasar sains: pengertian sains dan filsafat sains, perkembangan pola berfikir manusia, peranan sains terhadap perkembangan masyarakat, hakikat dan fungsi sains, anatomi sains, metode ilmiah, nilai-nilai dan keterbatsan sains, matematika sebagai sarana berfikir deduktif, statistika sebagai sarana berfikir induktif, sains dan teknologi, serta sains dan masa depan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa mempelajari ruang lingkup Dasar-dasar sains: pengertian sains dan filsafat sains, perkembangan pola berfikir manusia, peranan sains terhadap perkembangan masyarakat, hakikat dan fungsi sains, anatomi sains, metode ilmiah, nilai-nilai dan keterbatsan sains, matematika sebagai sarana berfikir deduktif, statistika sebagai sarana berfikir induktif, sains dan teknologi, serta sains dan masa depan
Capaian Pembelajaran
- Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
- Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
- Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
- Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains, sains berkelanjutan
- Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
- Wonorahardjo, S. 2021. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Penerbit Andi.
- Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press,
- Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.
- Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
- Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
- Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES
- Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press
- Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
- Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.
- Suriasumantri, J. S.1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan.
- Tobias, S. & Tomizuka, C.T. 1992. Breaking the Science Barrier, New York.
- Teacher: Abdul Gofur
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.