Enrolment options

Asesmen Pembelajaran BSI
Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas (1) konsep dasar asesmen dan evaluasi, (2) prinsip asesmen, (3) prosedur asesmen, (4) ragam asesmen (assessment of/ for/ as learning), (5) ragam instrumen asesmen PBI (tes dan instrumen alternatif (proyek, portofolio, produk), (6) pengembangan instrumen PBI secara offline dan online/digital, (6) kajian/ validasi instrumen asesmen PBI dengan mendayagunakan teknologi informasi digital.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar asesmen dan evaluasi untuk merencanakan, mengembangkan, dan memvalidasi instrumen asesmen PBI sebagai bahasa kedua dan BIPA.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara cermat dan teliti ragam asesmen dan instrumen asesmen untuk melaksanakan evaluasi PBI dan PBIPA.*) *) PBI atau PBIPA dipilih sesuai bidang keahlian yang ditekuni.
  • Mahasiswa memilki keterampilan dalam menerapkan prinsip-prinsip dan prosedur pengembangan asesmen untuk mengembangkan instrumen asesmen PBI dan PBIPA dengan mendayagunakan teknologi informasi digital.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan mengembangkan kajian implementasi asesmen PBI dan PBIPA.
Daftar Pustaka:
  • Alderson, Charles. Assessing Reading. London: Cambridge University Press., 2000.
  • Athanasou, James. A Teacher’s Guide to Assessment. Sidney: Social Science Press, 2002.
  • Brown, H. Douglas. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Pearson Education, Inc., 2004.
  • Black, P. (2003). ‘The nature and value of formative assessment for learning’,Improv-ing Schools,6, 3, 7–22.
  • Campbell, J., Kelly, D., Mullis, I., Martin, M. and Sainsbury, M. (2001).Frameworkand Specifications for PIRLS Assessment. 2nd Edition. Boston: International Study Center.
  • Earl, L. (2013). Assessment as learning: Using classroom assessment to maximize student learning.Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
  • Harsiati, Titik. Penilaian dalam Pembelajaran dalam Bidang Membaca dan Menulis. UM Press: 2011.
  • Harsiati, Titik. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press: 2013.
  • Harsiati, Titik. Penilaian Kelas dalam Pembelajaran PBI. UM Press 2010.
  • Harsiati, Titik. Evaluasi Pembelajaran PBI. 2017. Kemendikbud: Universitas Terbuka.
  • Howel, Scott. Online Assessment and Measurement. London: Information Science Publishing. 2006.
  • Isaacs, T. (2016). Assessing speaking. In D. Tsagari & J. Banerjee (Eds.), Handbook of second language assessment (pp. 131–146). Berlin: DeGruyter Mouton.
  • Koc, Selma, Patrick Wachira. Assessment in Online and Blended Learning Environment. 2015. USA: Information Age Publishing Inc.
  • McMillan, H. James. Assessment Essential for Standards-Based Education (California: Corwin Press, 2008.
  • Popham, J. (2011). Formative assessment – A process, not a test. Education Week, February 2011. http://www.edweek.org/ew/articles/2011/02/23/21popham.h30
  • Scuh, Jhon H. Asessment Methods for Student Affairs.2009.USA: John Wiley, Inc. Kemampuan Karakteristik Soal PISA (Programme International Students Assessment). Jurnal Litera. 2016.
  • Weigle, S. C. (2002). Assessing writing. Cambridge: Cambridge University Press.
Guests cannot access this course. Please log in.