Enrolment options

Pembelajaran BIPA
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas landasan teoretik, program, dan praktik terbatas pembelajaran BIPA. Topik-topik yang dikaji meliputi (1) landasan teoretik dan kebijakan; (1) program yang mencakup kurikulum, silabus, bahan ajar, strategi pembelajaran, media, dan evaluasi baik pada tingkat pemula, madya, maupun lanjut; (3) pengembangan program pembelajaran; dan (4) praktik pembelajaran terbatas.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki wawasan konseptual dan empirik tentang tujuan, karakteristik, pemahaman lintas budaya, problematika dalam pembelajaran BIPA.
  • Mahasiswa memiliki kapabilitas dalam mengembangkan program (kurikulum, silabus, RPP) pembelajaran BIPA pada level pemula, madya, dan lanjut.
  • Mahasiswa memiliki kapabilitas dalam mengembangkan komponen utama pembelajaran BIPA.
  • Mahasiswa memiliki kapabilitas dalam menyusun rencana pembelajaran BIPA dan mempraktikannya pada pembelajaran terbatas.
Daftar Pustaka:
  • Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. White Plain: Longman.
  • Gass, Susan M, dkk. (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.
  • Jill B. Cummings and Mary L. Blatherwick (Eds), 2017. Creative Dimensions of Teaching and Learning in the 21st Century. Rotterdam: Sense Publishers.
  • Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.
  • Sears, Susan. 2002. Contextual Teaching and Learning: A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.
  • Susanto, Gatut dkk. 2020. Bahan Ajar BIPA. Malang: MNC.
  • Suyitno, Imam. 2000. Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA. Malang: UM.
  • Suyitno, Imam. 2000. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Malang: UM.
  • Tomlinson, Brian, Editor. 2008. English Language Learning Materials. London: Continuum International Publishing Group.
  • Tomlinson, Brian, Editor. 2011. Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Guests cannot access this course. Please log in.