Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep fonologi dan fonetik, fonem dan alofon, grafematik dan ortografi, suku kata dan kaidah fonotaktik; jenis dan tempat artikulasi; unsur segmental dan suprasegmental; peta fonem dan sistem fonem; vokal; diftong; konsonan; melodi, aksen, dan ritme; dan perubahan bunyi. konsep morfologi, morfem, dan alomorf; klasifikasi morfem; leksem; kategori leksikal; infleksi dan derivasi; proses morfemis; produktivitas proses morfemis; afiksasi; reduplikasi; komposisi; konversi, modifikasi internal, dan suplesi; pemendekan.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep fonologi dan fonetik, fonem dan alofon, grafematik dan ortografi, suku kata dan kaidah fonotaktik; jenis dan tempat artikulasi; unsur segmental dan suprasegmental; peta fonem dan sistem fonem; vokal; diftong; konsonan; melodi, aksen, dan ritme; dan perubahan bunyi. konsep morfologi, morfem, dan alomorf; klasifikasi morfem; leksem; kategori leksikal; infleksi dan derivasi; proses morfemis; produktivitas proses morfemis; afiksasi; reduplikasi; komposisi; konversi, modifikasi internal, dan suplesi; pemendekan.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang fonologi dan fonetik bahasa Mandarin sebagai salah satu tataran linguistik, sehingga mahasiswa memahami struktur bunyi dalam bahasa Mandarin dan mampu melafalkan kata-kata serta menangkap bunyi bahasa Mandarin dengan benar. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang struktur, fleksi, dan pembentukan kata dalam bahasa Mandarin serta proses morfemis yang menyertainya
- 1. Hashimoto, Mantaro. 1970. "Notes on Mandarin Phonology". Dalam Jakobson, Roman; Kawamoto, Shigeo. Studies in General and Oriental Linguistics. Tokyo: TEC.
- 2. Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
- 3. Norman, Jerry. 1988. Chinese. Cambridge: Cambridge University Press.
- 4. San, Duanmu. 2000. The Phonology of Standard Chinese. Oxford: Oxford University Press.
- 5. Wang, Jialing. 2004. The Neutral Tone in Trisyllabic Sequences in Chinese Dialects. Tianjin: Tianjin Normal University.
- 6. Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- 7. Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
- 8. Norman, Jerry. 1988. Chinese. Cambridge: Cambridge University Press
- 9. Ramsey, S. Robert. 1987. The Languages of China. Princeton: Princeton University Press.
- 10. Verhaar J.W.M.1999. Azas-azas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University.
- 11. 廖序东,黄伯荣主编.《现代汉语》.(第六版).高等教育出版社,2017年。
- 12. 齐沪扬主编.《现代汉语》.商务印书馆,2012年。
- 13. 邵敬敏主编.《现代汉语通论》(第三版).上海教育出版社,2016年。
- 14. 曹文编著.《汉语语音教程》.北京:北京语言大学出版社,2002
- 15. 万艺玲编著.《汉语词汇教程》.北京:北京语言大学出版社,2000.
- 16. 王若江.《汉语正音教程》. 北京大学出版社,2005.
- Teacher: amira eza febrian putri
- Enrolled students: 30
Guests cannot access this course. Please log in.