Enrolment options

Bacaan Anak dan Remaja
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
AM1-01FD
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi (1) Konsep umum tentang literatur anak dan remaja, (2) Perkembangan literatur anak dan remaja di Indonesia dan negara lain di dunia; (3) Perkembangan kognitif anak dan remaja, perkembangan bahasa, moral, perkembangan resepsi anak; (4) Unsur pembentukan literatur anak dan remaja; (5) Jenis dan karakteristik literatur anak dan remaja; (6) Kebijakan pengembangan literatur anak dan remaja; (7) Pemanfaatan literatur anak dan remaja; (8) Pengelolaan literatur anak dan remaja; (9) Layanan koleksi anak dan remaja
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami dan menjelaskan konsep literatur anak dan remaja
  • 2. Memahami dan menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik literatur anak dan remaja
  • 3. Memahami dan menjelaskan jenis-jenis literatur anak dan remaja
  • 4. Mengevaluasi dan mengukur pemanfaatan literatur anak dan remaja
  • 5. Menjelaskan layanan koleksi anak dan remaja
  • 6. Menjelaskan apresiasi sastra anak dan remaja
Daftar Pustaka:
  • 1. Aminuddin. 2001. Karya Sastra dan Anak-anak., Malang : FS-UM
  • 2. Cart, Michael. 2016. 3rd ed. Young Adult Literature from Romanceto Realism. Chicago: ALA
  • 3. Coats, Karen. 2018. The Bloomsbury. Introduction to Children’s and Young Adult Literature. London: Bloomsbury
  • 4. Gaffney, Loretta M. 2017. Young Adult Literature, Libraries, and Conservative Activism. New York: Rouman & Littlefield
  • 5. Goga, Nina & Kummerling-Meibauer, Bettina (Editor). 2017. Maps and Mapping in Children’s Literature: Landscapes and Cityscapes. Chicago: John Publishing Company
  • 6. Moruzi, kristine, Smith, Michelle J., and Bullen, Elizabeth. 2018. Affect, Emotion, and Children’s Literature: Representation and Socialization in Texts for Children and Young Adults. London: Routledge
Guests cannot access this course. Please log in.