Enrolment options

Metodologi Penelitian Pendidikan
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai metode penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan akuntansi. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar dan ruang lingkup metodologi penelitian pendidikan, termasuk landasan filosofis dan paradigma penelitian. Pembelajaran difokuskan pada tiga pendekatan utama, yaitu kuantitatif, kualitatif, dan mixed-methods, dengan tujuan membekali mahasiswa untuk mampu menyusun proposal penelitian yang sesuai dengan kaidah ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan ruang lingkup metode penelitian pendidikan
  • Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan akuntansi dengan pendekatan kuantitatif
  • Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan akuntansi dengan pendekatan kualitatif
  • Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan akuntansi dengan pendekatan mixed-methods
Daftar Pustaka:
  • Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020)
  • How to Design and Evaluate Research in Education (11th Edition)
  • McGraw-Hill Education
  • Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022)
  • Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th Edition).
  • SAGE Publications
  • Mertens, D. M. (2019)
  • Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (5th Edition)
  • Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2018)
  • Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (12th Edition)
  • Pearson
Guests cannot access this course. Please log in.