Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Konsep dasar dan prosedur evaluasi pendidikan; Prinsip dan metode penyusunan classroom test (Perencanaan test buatan guru, Penyusunan Test Benar-Salah, Penyusunan Test Multiple Choise, Penyusunan Test Essay); Teknik pengukuran ranah afektif dan psikomotorik; Teknik dan interpretasi hasil pengukuran; Analisis item tes (tingkat kesukaran dan daya beda); Reliabilitas dan validitas tes; Test terstandart; Penilaian versi Kurikulum 2013; Sofware untuk analisis test. Matakuliah Evaluasi Pembelajaran membahas konsep dan teknik evaluasi dalam pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari teori, model, dan instrumen evaluasi. Mereka juga akan belajar tentang pengukuran, validitas, analisis data, dan interpretasi hasil evaluasi. Pentingnya menggunakan hasil evaluasi untuk meningkatkan pembelajaran juga akan dibahas. Etika dalam evaluasi juga menjadi fokus. Matakuliah ini memberikan landasan teoritis dan praktis agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui evaluasi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Konsep dasar dan prosedur evaluasi pendidikan; Prinsip dan metode penyusunan classroom test (Perencanaan test buatan guru, Penyusunan Test Benar-Salah, Penyusunan Test Multiple Choise, Penyusunan Test Essay); Teknik pengukuran ranah afektif dan psikomotorik; Teknik dan interpretasi hasil pengukuran; Analisis item tes (tingkat kesukaran dan daya beda); Reliabilitas dan validitas tes; Test terstandart; Penilaian versi Kurikulum 2013; Sofware untuk analisis test. Matakuliah Evaluasi Pembelajaran membahas konsep dan teknik evaluasi dalam pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari teori, model, dan instrumen evaluasi. Mereka juga akan belajar tentang pengukuran, validitas, analisis data, dan interpretasi hasil evaluasi. Pentingnya menggunakan hasil evaluasi untuk meningkatkan pembelajaran juga akan dibahas. Etika dalam evaluasi juga menjadi fokus. Matakuliah ini memberikan landasan teoritis dan praktis agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui evaluasi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar evaluasi pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi evaluasi pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etis terkait evaluasi pembelajaran
- Mahasiswa mampu melaksanakan beragam teknik evaluasi pembelajara
- Mahasiswa mampu menganalisis dan memanfaatkan hasil dari evaluasi pembelajaran
- Angelo, T. A., & Cross, K. P. (2019). Classroom assessment techniques: A handbook for college teachers. Jossey-Bass.
- Suskie, L. (2018). Assessing student learning: A common sense guide. Jossey-Bass.
- Tyler, R. W. (2013). Educational evaluation: Classic works of Ralph W. Tyler. K. Alexander (Ed.). Springer.
- Royse, D., Thyer, B. A., & Padgett, D. K. (2019). Program evaluation: An introduction to an evidence-based approach. Cengage Learning.
- Stufflebeam, D. L., Coryn, C. L. S., & Coryn, P. F. (2018). Evaluation theory, models, and applications. Jossey-Bass.
- Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Teacher: Umi Nuraini
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.