Enrolment options

Pengembangan Media dan Bahan Ajar Seni
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Desain dan Media Pembelajaran Seni, meliputi: (a) sistem pengajaran dan pengembangan model desain instruksional, meliputi: hakekat sistem instruksional, model desain instruksional, dan pengembangan desain instruksional; (b) hakekat desain pembelajaran meliputi: pengertian desain pembelajaran, prinsip dan prosedur pengembangan desain pembelajaran; (c) prinsip prosedur, dan sistematika pengembangan prota, promes, peta kompetensi, dan silabus; (d) komponen, kriteria, prinsip, prosedur dan sistematika pengembangan RPP dan perangkat pendukungnya; dan (e) praktik menganalisis dan menyusun prota, promes, RPP dan perangkat pendukung RPP untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan, kreasi seni, dan apresiasi atau kritik seni, (f) konsep sumber belajar dan media pembelajaraan; (g) karakteristik sumber belajar dan berbagai jenis media pembelajaran seni; (h) prinsip, prosedur pembuatan media pembelajaran seni, desain dan kerajinan; (i) mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran seni, desain dan kerajinan (j) merancang format/instrumen evaluasi media dan mengujicobakan media pembelajaran seni yang dihasilkan.
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi sistem instruksional dan pengembangan model desain instruksional, meliputi: hakekat sistem pembelajaran, pengertian desain pembelajaran, model desain pembelajaran, dan karakteristik model desain pembelajaran
  • Mengidentifikasi sistem instruksional dan pengembangan model desain instruksional, meliputi: hakekat sistem pembelajaran, pengertian desain pembelajaran, model desain pembelajaran, dan karakteristik model desain pembelajaran
  • Menjelaskan hakekat desain pembelajaran seni meliputi:, prinsip dan prosedur pengembangan desain pembelajaran seni;
  • Menjelaskan hakekat desain pembelajaran seni meliputi:, prinsip dan prosedur pengembangan desain pembelajaran seni;
  • Membedakan prinsip dasar, prosedur, dan sistematika pengembangan peta kompetensi, silabus, prota, dan promes pembelajaran seni
  • Membedakan prinsip dasar, prosedur, dan sistematika pengembangan peta kompetensi, silabus, prota, dan promes pembelajaran seni
  • Mengembangkan komponen, kriteria, prinsip, prosedur dan sistematika penyusunan desain pembelajaran seni
  • Mengembangkan komponen, kriteria, prinsip, prosedur dan sistematika penyusunan desain pembelajaran seni
  • Mengembangkan RPP dan perangkat pendukungnya untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan, kreasi seni/produksi, dan apresiasi/kritik seni.
  • Mengembangkan RPP dan perangkat pendukungnya untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan, kreasi seni/produksi, dan apresiasi/kritik seni.
  • Medeskripsikan konsep sumber belajar dan media pembelajaran
  • Medeskripsikan konsep sumber belajar dan media pembelajaran
  • Membedakan karakteristik berbagai jenis sumber belajar dan media pembelajaran
  • Membedakan karakteristik berbagai jenis sumber belajar dan media pembelajaran
  • Menunjukkan prinsip dan prosedur pembuatan media pembelajaran seni,desain dan kerajinan
  • Menunjukkan prinsip dan prosedur pembuatan media pembelajaran seni,desain dan kerajinan
  • Mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran seni, desain dan kerajinan
  • Mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran seni, desain dan kerajinan
  • Menyusun instrumen evaluasi untuk uji coba media pembelajaran seni, desain dan kerajinan
  • Menyusun instrumen evaluasi untuk uji coba media pembelajaran seni, desain dan kerajinan
Daftar Pustaka:
  • Degeng, I Nyoman Sudana. 1990. Disain Pembelajaran: Teori ke terapan. Malang : IKIP PPPT
  • Dick and Carey. 1985. The Systematic Design of Instrukton.USA; Scot Foresman and Company
  • Dirjen Dikmenum. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen
  • Eisner, Eliot W. 1979. The Educational Imagination. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.
  • Gafur, Abdul. 1982. Desain Instruksional: Suatu Langkah Sistematis Menyusun Pola Dasar Kegiatan Belajar Mengajar. Solo: Tiga Serangkai
  • Permendikbud tentang kurikulum 2013 tahun 2013 dan 2016
  • Pophan & Baker. 1982. Bagaimana Merencanakan suatu Program Pengajaran. Yogyakarta : Kanisius
  • Ross, Malcolm. 1978. The Creative Arts. London: Heineman Educational Books
  • Soehardjo, A.J. 1993. Model-Model Pengajaran Keterampilan Kerajinan. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti, PPLPTK
  • Soehardjo, A.J. 2011. Pendidikan Seni :Strategi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Malang : Bayu Media Publishing
  • Wickiser, Ralph L. 1974. Menuju Ke Pendidikan Seni. (terjemahan A.J. Soehardjo). Malang: IKIP PPPT
  • Latuharu. John D. 1988, Media Pembelajaran dalam Proses Belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.
  • Wilkinson, Gene L. 1984. Media dalam Pembelajaran : Penelitian selama 60 tahun. Jakarta : Rajawali.
  • Jalinus Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. UNP Press (sosial media baru.com.
  • Hamalik. Oemar. 1988. Media Pendidikan. Bandung : offset Alumni.
  • Anderson. Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. Penerjemah Yusufhadi Miarso.
  • Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.
Guests cannot access this course. Please log in.