Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup konsep pendidikan seni, meliputi: (a) relevansi seni dan pendidikan berdasarkan tinjauan filosofis, psikologis dan sosiologis; (b) perkembangan pendidikan seni di panca benua baik di negara-negara berkembang dan negara maju; (c) perkembangan pendidikan seni di Indonesia mulai awal kemerdekaan, tahun 60 – 70-an, 70-an hingga kini; (d) fungsi dan tujuan program pengajaran seni mencakup justifikasi kontekstual dan esensial, tujuan ekspresi dan instruksional; (e) sistem pengajaran seni meliputi sistem pewarisan, pecantrikan, akademik, dan sanggar; dan (f) analisis perbedaan relevansi pendidikan seni aktual di persekolahan dan di luar persekolahan dari segi konsep pensen, fungsi, tujuan dan program pengajaran.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup konsep pendidikan seni, meliputi: (a) relevansi seni dan pendidikan berdasarkan tinjauan filosofis, psikologis dan sosiologis; (b) perkembangan pendidikan seni di panca benua baik di negara-negara berkembang dan negara maju; (c) perkembangan pendidikan seni di Indonesia mulai awal kemerdekaan, tahun 60 – 70-an, 70-an hingga kini; (d) fungsi dan tujuan program pengajaran seni mencakup justifikasi kontekstual dan esensial, tujuan ekspresi dan instruksional; (e) sistem pengajaran seni meliputi sistem pewarisan, pecantrikan, akademik, dan sanggar; dan (f) analisis perbedaan relevansi pendidikan seni aktual di persekolahan dan di luar persekolahan dari segi konsep pensen, fungsi, tujuan dan program pengajaran.
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep dasar filosofis, psikologis, dan sosiologis keberadaan seni dalam pendidikan terkait hakekat pendidikan seni diberikan di sekolah.
- Menguasai konsep, fungsi, dan tujuan pendidikan seni di sekolah untuk menganalisis fenomena perkembang-an pendidikan seni di Indonesia dan manca negara.
- Menguasai hakekat konsep, fungsi, tujuan, dan sistem pendidikan seni untuk menganalisis perbedaan relevansi pendidikan seni di sekolah umum dan kejuruan ataupun non persekolahan dalam konteks kekinian.
- Sajono. Surabaya: IKIP (buku)
- Chapman, Laura H. Pendekatan Pendidikan Seni. Terjemahan
- Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: IKIP/PPPT (materi penataran)
- Ki Hajar Dewantoro. 1961. Karya Ki Hajar. Yogyakarta: Taman siswa (buku)
- Iriaji, 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Pustaka Kaiswaran.
- Soehardjo, AJ. 1977. Metode Pengajaran Seni (Metodik Art). Malang: diterbitkan sendiri (materi perkuliahan)
- Soehardjo, AJ. 2005. Pendidikan Seni dari Konsep sampai Program. Malang: Jurusan Seni dan Desain FS-UM
- UNESCO. 1972. Laporan tentang Pendidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
- Wickiser, Ralph L. Menuju Kependidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
- GBPP Pendidikan Seni SD/SMP/SMU 1975, 1984, 1994 dan KBK.
- Ross, M. 1978. The Creative Arts (ringkasan bagian fungsi seni dalam pendidikan). London: Heineman Education Books (handout).
- Eisner, Eliot W. 1972. Educational Artistic Vision. (ringkasan bagian Why Teach Art?) New York: The Macmillan Coy (handout).
- Perkembangan Pendidikan Seni di Indonesia: disusun berdasarkan tulisan L. Gelder, A. Groen dll (handout)
- Model-model Pengajaran Seni: disusun berdasarkan tulisan M. Griff dan V. Lanier (handout).
- Masalah Pendidikan Seni, Media Masa (kliping).
- Teacher: Ike Ratnawati
- Enrolled students: 33
Guests cannot access this course. Please log in.