Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B2-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S2 Pendidikan Dasar dengan kemampuan analitis dan kritis terhadap keilmuan serta isu-isu strategis dalam berbagai bidang studi di tingkat dasar (SD/MI). Mata kuliah ini fokus pada pemahaman mendalam terhadap struktur keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) masing-masing bidang studi, seperti matematika, bahasa, sains, IPS, dan seni. Mahasiswa akan diajak untuk mengidentifikasi dan mengkaji isu-isu konseptual, epistemologis, dan pedagogis yang relevan. Puncak dari mata kuliah ini adalah kemampuan mahasiswa dalam melakukan tinjauan kritis (critical review) terhadap artikel-artikel ilmiah terkini , yang kemudian disintesis dan dipresentasikan untuk berkontribusi pada pemecahan masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B2-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S2 Pendidikan Dasar dengan kemampuan analitis dan kritis terhadap keilmuan serta isu-isu strategis dalam berbagai bidang studi di tingkat dasar (SD/MI). Mata kuliah ini fokus pada pemahaman mendalam terhadap struktur keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) masing-masing bidang studi, seperti matematika, bahasa, sains, IPS, dan seni. Mahasiswa akan diajak untuk mengidentifikasi dan mengkaji isu-isu konseptual, epistemologis, dan pedagogis yang relevan. Puncak dari mata kuliah ini adalah kemampuan mahasiswa dalam melakukan tinjauan kritis (critical review) terhadap artikel-artikel ilmiah terkini , yang kemudian disintesis dan dipresentasikan untuk berkontribusi pada pemecahan masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
- 1 Memahami karakteristik keilmuan bidang studi di pendidikan dasar (matematika, bahasa, sains, IPS, PPKn, seni, dll.) secara kritis.
- 2 Mengidentifikasi isu-isu konseptual, epistemologis, dan pedagogis pada berbagai bidang studi pendidikan dasar.
- Melakukan penilaian kritis terhadap artikel ilmiah terkini pada bidang studi tertentu di pendidikan dasar.
- Menyusun critical review terhadap isu atau topik mutakhir berbasis pendekatan lintas bidang dan lokalitas.
- 1. Shulman, L. S. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review
- 2. Bruner, J. (1996). The Culture of Education. Harvard University Press
- 3. Jurnal: Journal of Research in Childhood Education, International Journal of Educational Research, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Cakrawala Pendidikan.
- 4. Buku teks per bidang studi SD dan dokumen kurikulum nasional.
- 5. Artikel-artikel mutakhir terkait masing-masing bidang studi di pendidikan dasar.
- Teacher: Intan Sari Rufiana
- Enrolled students: 19
Guests cannot access this course. Please log in.