خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1D-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang: konsep dan ruang lingkup sosiologi dan antopologi dalam pendidikan; sistem sosial, proses sosial, dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat, konteks dan pendekatan sosiologi dan antorpologi pendidikan; pendekatan dan teori-teori sosiologi dan antopologi untuk memahami masalah pendidikan; dampak globalisasi terhadap pendidikan, peluang dan tantangan pendidikan global; Peran TIK dalam pembelajaran masa depan: personalisasi pembelajaran, pembelajaran adaptif, dan pembelajaran kolaboratif; peran, tantangan, peluang, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masa depan; mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap keragaman budaya; mengembangkan kompetensi diri sebagai pendidik yang visioner, inovatif, dan berwawasan luas; menganalisis peran lembaga sekolah, orang tua dan masyarakat kaitannya dengan sosiologi pendidikan; Selain itu matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendiagnosis dan mengintervensi studi kasus sosiokultural untuk mengatasi masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1D-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang: konsep dan ruang lingkup sosiologi dan antopologi dalam pendidikan; sistem sosial, proses sosial, dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat, konteks dan pendekatan sosiologi dan antorpologi pendidikan; pendekatan dan teori-teori sosiologi dan antopologi untuk memahami masalah pendidikan; dampak globalisasi terhadap pendidikan, peluang dan tantangan pendidikan global; Peran TIK dalam pembelajaran masa depan: personalisasi pembelajaran, pembelajaran adaptif, dan pembelajaran kolaboratif; peran, tantangan, peluang, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masa depan; mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap keragaman budaya; mengembangkan kompetensi diri sebagai pendidik yang visioner, inovatif, dan berwawasan luas; menganalisis peran lembaga sekolah, orang tua dan masyarakat kaitannya dengan sosiologi pendidikan; Selain itu matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendiagnosis dan mengintervensi studi kasus sosiokultural untuk mengatasi masalah pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merumuskan konsep, ruang lingkup, sistem, proses, nilai-nilai, konteks dan pendekatan sosiologi dan antropologi pendidikan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori sosiologi dan antropologi pendidikan
- Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh perubahan sosiaL, budaya, dan kebhinekaa global dalam pendidikan, mengkaji masalah-masalah pendidikan dari perspektif sosiologis dan antropologis, serta mengembangkan strategi dan teknologi pendidikan yang berkeadilan dan responsif terhadap keberagaman sosial
- Bungin Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana
- Beilharz Peter. 2005. Social Theory: A Guide to Central Thinkers. North Sydney: Allen & Unwin Pty.Ltd
- Ibrahim Tarik Jabal. 2003. Sosiologi Pedesaan. Malang: UMM Press
- Henslin James M. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Membumi. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
- Prenadamedia Group
- Ahmadi Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineksi Cipta
- Haviland A William. 1985. Anthropology. CBS College Publishing. Diterjemahkan R.G Soekadijo. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
- Kottak Phillip Conrad. 2009. Cultural Anthropology. Thieteenth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.Inc
- Lumumba Tukumbi, Kasongo, Patterson Rubin & Sasaki Masamichi. 2004 International Studies in Sociology and Social Anthropology. Netherlands: Printed in The Netherlands
- Padil Moh & Supriyatno Triyo. 2007. Sosiologi Pendidikan. Malang: UIN Malang-Press
- Pujileksono Sugeng. 2015. Pengantar Antropologi: Memahami Realitas Sosial Budaya. Malang: Instans Publishing
- Setiadi M Elly dan Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi, Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya.Jakarta
- Utari Dewi dan Prawironegoro Darsono. 2017, Pengatar Sosiologi: Kajian Perilaku Sosial dalam Sejarah Perkembangan Masyarakat
- المعلم: IM Hambali
- الطلاب المسجلون: 40
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.