خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1E-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini diracang untuk mengkaji konsep dasar konseling; landasan historis, filosofis, psikologis, sosial-budaya, dan teoretis konseling; kaitan konseling dengan layanan yang lain; ragam konseling berdasarkan masalah, tahap perkembangan, dan jumlah konseling; proses pelaksanaan konseling; isu-isu dalam konseling: hubungan, diagnosis, nilai-moral-etika-hukum, penelitian dan evaluasi, keragaman budaya, dan jender; faktor-faktor efektivitas konseling: karakteristik konselor, karakteristik konseli, dan seting lingkungan; dan langkah-langkah profesionalisasi konselor dan supervisi konseling.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1E-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini diracang untuk mengkaji konsep dasar konseling; landasan historis, filosofis, psikologis, sosial-budaya, dan teoretis konseling; kaitan konseling dengan layanan yang lain; ragam konseling berdasarkan masalah, tahap perkembangan, dan jumlah konseling; proses pelaksanaan konseling; isu-isu dalam konseling: hubungan, diagnosis, nilai-moral-etika-hukum, penelitian dan evaluasi, keragaman budaya, dan jender; faktor-faktor efektivitas konseling: karakteristik konselor, karakteristik konseli, dan seting lingkungan; dan langkah-langkah profesionalisasi konselor dan supervisi konseling.
Capaian Pembelajaran
- 1. menganalisis konsep-konsep dasar konseling,
- 2. menganalisis landasan historis, filosofis, psikologis, sosial-budaya, dan teoretis konseling,
- 3. menganalisis kaitan konseling dengan layanan yang lain,
- 4. menganalisis ragam konseling berdasarkan masalah, tahap perkembangan, dan jumlah konseli,
- 5. menganalisis proses pelaksanaan konseling,
- menganalisis isu-isu dalam konseling: hubungan, diagnosis, nilai-moral-etika-hukum, penelitian dan evaluasi, keragaman budaya, gender dan aplikasi teknologi.
- 7. menganalisis faktor-faktor efektivitas konseling: karakteristik konselor, karakteristik konseli, dan latar lingkungan,
- 8. menganalisis langkah-langkah, kepemimpinan, dan etika konseling kelompok.
- Ella Faridati Zen, Adi Admoko, 2015. Bimbingan Konseling untuk Multikultural di Sekolah, Malang: Elang Mas.
- Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam jalur pendidikan Formal. Jakarta: FDepdiknas
- Gibson, Robert L. dan Mitchell,Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Alih bahasa: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Geroski, Anne M. 2010. Igroups In Schools, Preparing, Leading and Responding. New Jersey: Pearson Education,Inc.
- Kemendikbud Dirjen GTK .2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas.
- Layli Novita Rachmawati, Nur Hidayah. 2016 Pengembangan Panduan Pelatihan Efikasi Diri Dalam Hubungan Pertemanan Melalui Strategi Experiential Learning bagi Siswa SMP. JKBK Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 79—89.
- Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Menengah.
- Rusmana, Nandang, 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.
- Roichatul Jannah, Ella Faridati Zen, Muslihati.2016. Pengembangan Permainan SImulasi Keterbukaan Diri untuk Siswa SMP. JKBK. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78
- Tatiek Romlah, 2018 Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Wastegaard, Jane. 2009. Effective Group With Young People. Berkshire: Open University Press.
- المعلم: Diniy Hidayatur Rahman
- الطلاب المسجلون: 40
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.