Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A23-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji filosofis BK perkembangan; konsep dasar BK perkembangan meliputi visi, fungsi, prinsip, asumsi, dan domain; dinamika dan tugas-tugas perkembangan siswa yang meliputi aspek fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, dan moral dalam seluruh rangkaian periode perkembangannya; asesmen perkembangan; dan problematik perkembangan dan intervensi perkembangan melalui layanan bimbingan dan konseling.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A23-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji filosofis BK perkembangan; konsep dasar BK perkembangan meliputi visi, fungsi, prinsip, asumsi, dan domain; dinamika dan tugas-tugas perkembangan siswa yang meliputi aspek fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, dan moral dalam seluruh rangkaian periode perkembangannya; asesmen perkembangan; dan problematik perkembangan dan intervensi perkembangan melalui layanan bimbingan dan konseling.
Capaian Pembelajaran
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menguasai konsep teoretis tentang ajaran agama masing-masing, kewarganegaraan, Pancasila, bahasa dan budaya Indonesia, serta manajemen inovasi untuk memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global.
- Menguasai konsep teoretis keilmuan pendidikan dan pembelajaran dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu menerapkan keilmuan pendidikan dan pembelajaran dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
- Menjadikan diri sebagai pembelajar mandiri dan sepanjang hayat (life long learner).
- Responsif dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan Ipteks.
- Menguasai prinsip dan teknik bimbingan bidang pribadi, sosial, belajar dan karir;
- Menguasai prinsip dan teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmodern dan integratif;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika
- Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas
- Gysbers, N. C. & P. Henderson. 2006. Developing and Managing your School Guidance and Counseling Program (4th Ed). Alexandria, VA: ACA.
- Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance. New York : MacMillan Publishing Company.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
- Permendikbud RI No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Santoso, Djoko B. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: Jurusan Bimbingan dan konseling
- VanZandt, Z. & Hayslip, J. 2001. Developing your school counseling program: A handbook for systemic planning. Belmont, CA: Wadsworth.
- Wood, C., Littleton, K. & Sheehy, K. 2006.Developmental Psychology in Action. WaltonHall: Blackwell Publishing, Inc.
- Yusuf, Syamsu. 2017. Bimbingan & Konseling Perkembangan:suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Refika Aditama
- Teacher: Zamroni BK FIP UM
- Enrolled students: 30
Guests cannot access this course. Please log in.