Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mahasiswa mengkaji prosedur penelitian kuantitatif dan mengembangkan penyusunan proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra dengan pendekatan kuantitatif sebagai dasar dalam penulisan tesis. Matakuliah ini memuat topik-topik: konsep penelitian kuantitatif, jenis-jenis penelitian kuantitatif, konsep populasi dan sampel beserta pensampelannya, perumusan masalah, penulisan kajian kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik pengumpulan data dan strategi analisis datanya.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mahasiswa mengkaji prosedur penelitian kuantitatif dan mengembangkan penyusunan proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra dengan pendekatan kuantitatif sebagai dasar dalam penulisan tesis. Matakuliah ini memuat topik-topik: konsep penelitian kuantitatif, jenis-jenis penelitian kuantitatif, konsep populasi dan sampel beserta pensampelannya, perumusan masalah, penulisan kajian kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik pengumpulan data dan strategi analisis datanya.
Capaian Pembelajaran
- Mampu menganalisis konsep penelitian kuantitatif untuk dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian kuantitatif dengan baik dan benar
- Mampu menganalisis prosedur penelitian kuantitatif sehingga dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian kuantitatif dalam berbagai jenis.
- Mampu menyusun proposal penelitian kuantitatif yang terkait dengan penelitian pembelajaran bahasa dan sastra sesuai dengan ketentuan lembaga tertentu.
- Terampil menerapkan konsep dan prosedur penelitian kuantitatif dalam perencanaan dan pelaksanaannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa dan sastra.
- 1. Burhan Nurgiyantoro, Gunawan, & Marzuki. 2012. Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah mada University Press
- 10. Saifuddin Azwar. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- 11. Saifuddin Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- 12. Sambas Ali Muhidin & Maman Abdurahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
- 13. Siti Irene Dwiningrum (Eds). 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
- 14. Artikel-artikeljurnalinternasional
- 15. Program SPSS.
- 16. Program Excel.
- 2. Creswell, J.W. 2012. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Terjemahan Achmad Fawaid). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).
- 3. Hinkle, Dennis E., Wiersma, William, dan Jurs, Stephen G. 1979. Applied Statistics for the Behavioral Sciences. Boston: Houghton Mifflin Company
- 4. Kumaidi & Budi Manfaat. 2013. Pengantar Metode Statistika. Teori dan Terapannya dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi. Cirebon: Eduvision Publishing
- 5. Kleinbaum, David. G. dan Kupper, Lawrence L. 1978. Applied Regression Analysis and Other Multivariate Methods. California: Wadsworth Publishing Company, Inc.
- 6. Marascuilo, Leonard A dan Mc Sweeney, Maryellen. 1977. Nonparametric and Distribution-Free Methods for the Social Sciences. California: Wadsworth Publiching Company.
- 7. Nunan, David. 1992. Research Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
- 8. Olson, Chester L. 1987. Statistics, Making Sense of Data. Massachusets: Allyn and Racon, Inc
- 9. Sugiyono. Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Pengajar: Primardiana Hermilia Wijayati
- Pelajar terdaftar: 9
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.