Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
15A-BK
Deskripsi:
Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, berbasis kajian dan analisis isu-isu bidang bimbingan dan konseling. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini, mahasiswa secara interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner melakukan telaah isu-isu bimbingan dan konseling berbasis teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian untuk menemukenali problematika dalam rangka penulisan disertasi bidang bimbingan dan konseling. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan task-based learning melalui kajian dan analisis isu-isu teoretik dan empirik hasil riset dalam topik khusus penelitian yang diminati oleh mahasiswa. Produk pembelajaran berupa deskripsi fokus penelitian disertasi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa dalam konteks keilmuan bimbingan dan konseling. Produk tersebut diseminarkan di akhir kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa S3 Bimbingan dan Konseling, dan pihak lain yang berminat. Keberhasilan belajar dinilai berdasarkan kualitas permasalahan penelitian yang didukung oleh kerangka pikir naratif dan diagramatik penelitian untuk penulisan disertasi.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
15A-BK
Deskripsi:
Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, berbasis kajian dan analisis isu-isu bidang bimbingan dan konseling. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini, mahasiswa secara interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner melakukan telaah isu-isu bimbingan dan konseling berbasis teori-teori dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian untuk menemukenali problematika dalam rangka penulisan disertasi bidang bimbingan dan konseling. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan task-based learning melalui kajian dan analisis isu-isu teoretik dan empirik hasil riset dalam topik khusus penelitian yang diminati oleh mahasiswa. Produk pembelajaran berupa deskripsi fokus penelitian disertasi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa dalam konteks keilmuan bimbingan dan konseling. Produk tersebut diseminarkan di akhir kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa S3 Bimbingan dan Konseling, dan pihak lain yang berminat. Keberhasilan belajar dinilai berdasarkan kualitas permasalahan penelitian yang didukung oleh kerangka pikir naratif dan diagramatik penelitian untuk penulisan disertasi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menelaah isu-isu bimbingan dan konseling berbasis teori dan hasil penelitian.
- Mahasiswa mampu melakukan dan menemukan deskripsi fokus penelitian disertasi.
- Mahasiswa mampu meramu kerangka berpikir naratif dan diagramatik penelitian disertasi.
- Mahasiswa mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset sederhana sebagai studi pendahuluan penelitian disertasi
- Mahasiswa mampu menuliskan laporan studi pendahuluan atau kajian analisis literatur dalam bentuk artikel yang disubmit pada jurnal internasional bereputasi.
- Albert, T. 2016. Winning the Publication Game: The smart way to write your paper and get it published (4th Ed). Florida: Taylor and Francis Group.
- American Psychological Association. 2020. Publication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Washington DC: American Psychological Association.
- Barbara, G., & Day, R.A. 2016. How to Write and Publish a Scientific Paper. California: Greenwood.
- Chin, B.A. 2004. How to Write a Great Research Paper. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Flamez, B., Lenz, A. S., & Balkin, R. S. 2017. A Counselor’s Guide to the Dissertation Process: Where to Start and How to Finish. Alexandria: American Counseling Association.
- Hidayah, N. 2012. Process-Audit dalam Penyelenggaraan Pendidikan Akademik Jenjang S-1 Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 129-139.
- Kornuta, H.M., & Germaine, R.W. 2019. A Concise Guide to Writing a Thesis or Dissertation: Educational Research and Beyond (2nd Ed). Albrighton: Rouletdge.
- Miller, A. B. 2009. Finish Your Dissertation Once and For All: How to Overcome Psychological Barriers, Get Results and Move on with Your Life. Washington DC: American Psychological Association.
- Rahman, D. H. 2019. The Development and Validation of the Thesis-Writing Procrastination Scale. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 65-70). RedWhite Press.
- Rahman, D. H., Setyosari, P., Atmoko, A., & Hidayah, N. 2019. The Development of the Thesis-Writing Perfectionism Inventory. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(10), 643-648.
- Turabian, K. L. 1996. A Manual for Writers of Term Papers, Theses, and Dissertations. Chicago: The University of Chicago Press.
- Pengajar: Adi Atmoko Dr. ,M.Si
- Pengajar: Muslihati Prof. Dr. , S.Ag, M.Pd
- Pelajar terdaftar: 9
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.