Enrolment options

Metodologi Penelitian Kualitatif
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A24-BK
Deskripsi:
Menyadari adanya sejumlah kemudahan pelaksanaan penelitian kualitatif untuk penulisan karya ilmiah (akademik); menguasai arti, karakteristik & prinsipnya, prosedur & tahap umum, jenis umum serta beberapa jenis & tipe khusus penelitian kualitatif. Berdasarkan penguasaan itu, diharapkan mahasiswa kompeten menyusun proposal disertasi dengan penelitian kualitatif; di dalamnya mahasiswa terampil memilih jenis dan tipe riset kualitatif dengan pertimbangan tepat secara ideal dan riel-praktis, terampil memilih teknik dan melaksanakan pengumpulan data khas tipe riset pilihan, mahir ‘menyatukan diri’ dengan ‘teknik’ pengumpulan data, terampil menganalisis secara interpretif, memaparkan hasil, menyusun laporan dan menunjukkan keterpercayaan (atau ‘validitas’) prosedur dan hasil-hasil penelitian. Mahasiswa diharapkan mengembangkan sikap yang kondusif terhadap penelitian kualitatif yaitu menghargai daya atau power yang ada pada ‘pandangan emik’ (emic view), dengan cara respek terhadap pemikiran subjektif para subjek terteliti, akrab dan hangat menjalin hubungan sosial, jujur, terpercaya, dan peduli terhadap subjek terteliti ~ sebagaimana kondisi-kondisi fasilitatifnya terhadap konseli; juga mengembangkan sikap menghargai serta mengembangkan kompetensi memakai hasil-hasil penelitian kualitatif untuk keperluan studi dan aktivitas profesional bimbingan dan konseling. Perkuliahan diakhiri dengan hasil tugas penyusunan proposal penelitian kualitatif yang bisa menjadi calon penelitian dalam bentuk disertasi
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu untuk melakukan kajian kritis dan mendalam atas model, desain dan metode dari hasil penelitian kualitatif bimbingan dan konseling atau layanan bantuan kemanusiaan terdahulu, sesuai dengan minat penelitian mahasiswa dengan bersumber pada kedalaman teori dan paradigma keilmuan secara inter, multi dan transdisipliner.
  • Mahasiswa melakukan telaah model, desain, dan metode penelitian kualitatif dari hasil penelitian disertasi dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan task-based learning.
  • Mahasiswa mampu merancang model, metode, desain, prosedur dan tahap umum penelitian sesuai dengan jenis dan tipe khusus penelitian kualitatif.
  • Mahasiswa kompeten dan terampil memilih teknik dan prosedur pengumpulan data.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara interpretatif dan menunjukkan tingkat validitas hasil yang dapat dipertanggungjawabkan
  • Mahasiswa mampu menuliskan laporan penelitian sederhana dalam bentuk artikel yang disubmit pada jurnal internasional bereputasi.
Daftar Pustaka:
  • Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang
  • Alvesson, M., dan Skolberg, K., 2019. Reflexive Methodology: New Vistas for Qualitative Research. Thousand Oaks, London: Sage Publications Inc.
  • Creswell, J. W., 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
  • Herr, K., & Anderson, G. L., 2005. The Action Research Dissertation: A Guide for Student and Faculty. Thousand Oaks, London: Sage Publication.
  • Mappiare-AT., A. 2009. Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Penerbit Jenggala Pustaka Utama bersama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (Buku Teks-I).
  • Mappiare-AT., A. 2013. Tipe-tipe Riset Kualitatif untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. Penerbit Elang Mas Malang. (BukuTeks-II)
Guests cannot access this course. Please log in.