Enrolment options

Komputer Grafis
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Komputer Grafis, meliputi: Teori dan praktik dasar-dasar komputer untuk keperluan bidang grafis serta mengaplikasikan berbagai program komputer grafik baik teori maupun praktik secara langsung dalam penyusunan elemen-elemen yang meliputi gambar, tulisan, ide dan teknik.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai organisasi unsur, kaidah, dan prosedur dalam pengelolaan dan pengoperasian aplikasi desain berbasis vector dan bitmap.
  • Menganalisis kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran pada materi seni rupa/ seni budaya yang berhubungan dengan komputer grafis sebagai penunjang dan pelengkap kegiatan pembelajaran.
  • Menguasai program aplikasi berbasis vector mulai dari tahap intalasi sampai pengoperasian dan sampai tahap produksi produk.
  • Menguasai program aplikasi berbasis bitmap mulai dari tahap intalasi sampai pengoperasian dan sampai tahap produksi produk.
  • Mengkombinasi pengelolaan dan pengoperasian aplikasi bitmap dan vector sesuai kebutuhan dalam perancangan produk desain grafis.
Daftar Pustaka:
  • Armstrong, Helen. 2009. Graphic Desain Teory from the field. Yogyakarta. Andi.
  • E.S. Sadjiman. 2009. Irama Visual. Jakarta. Jalasutra.
  • Pujiyanto. 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta. Andi.
  • Murphy. John and Michael Rowe. 1998. How to design trademarks and logos. Ohio: North Light Book.
  • Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta. Arte Intermedia.
  • Swan, Alan. 1987. Basic Design and Layout. Oxford: Phaidon.
Guests cannot access this course. Please log in.