Pilihan pendaftaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B25-B25
Deskripsi:
-Matakuliah ini memuat unsur: landasan filosofis, historis, sosiologis, psikologis, budaya-antropologis, legalistik, dan spiritualistik. Pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal, meliputi: pan¬dangan-tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, strategi dan metode pembelajaran, organisasisi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran, serta berbagai latar konteks isu pendidikan yang berkembang
Capaian Pembelajaran
- Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dangan sistem-sistem lainnya (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan, Teknologi).
- Mampu mengkaji landasan pendidikan meliputi landasan filosofis, historis, sosiologis, psikologis, budaya-antropologis, legalistik, dan spiritualistik.
- Mampu menganalisis pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal, atau informal.
- Mampu melaksanakan problem solving dan problem based learning tentang isu-isu pendidikan yang sedang berkembang.
- Ally, M. (2004). Foundations of Educational Theory for Online Learning. In Theory and practice of online learning. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8299-3_8
- Aulia, S. S., & Arpannudin, I. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Lingkup Sosio-Kultural Pendidikan Non-Formal. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.902
- Bastian, I., & Idrus, O. (2019). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan. Modul Universitas Terbuka.
- Beasley, K. L., & Mayer, F. (1964). Foundations of Education. History of Education Quarterly. https://doi.org/10.2307/367506
- Beckett, K. S. (2013). Paulo freire and the concept of education. Educational Philosophy and Theory. https://doi.org/10.1080/00131857.2012.715385
- Boud, D., & Feletti, G. I. (2013). The challenge of problem-based learning. In The Challenge of Problem-based Learning. https://doi.org/10.4324/9781315042039
- Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky. P4TK Matematika.
- Dimyati, M. (1996). Landasan Pendidikan - Analisis Keilmuan, Teorisasi, dan Praktik Pendidikan. In Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.
- Farrell, M. (2009). Foundations of Special Education: An Introduction. In Foundations of Special Education: An Introduction. https://doi.org/10.1002/9780470744659
- Hamzah. (2009). Teori Pembelajaran Kontruktivisme. Jurnal Psikologi Pendidikan.
- Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.)). Medan: LPPPI.
- HSB, A. A. (2018). Landasan Pendidikan (A. Nurdin (ed.)). Haja Mandiri.
- Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. In indonesia. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.X
- Junaid, H. (2012). Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional). Sulesana, 7(2), 84–102. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342
- Karnawati, K., & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.127
- Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
- Nakada, A., Okada, Y., Yoshihara, A., Namiki, A., & Hiroi, N. (2017). Problem-based learning. Journal of the Medical Society of Toho University. https://doi.org/10.14994/tohoigaku:2017-005
- Nash, O. (2014). Problem solving. In Basic Concepts in Family Therapy: An Introductory Text, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9781315809533-28
- Nurmala, A. H. (2013). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Sd Terhadap Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Peters, R. S. (2009). The concept of education. In The Concept of Education. https://doi.org/10.4324/9780203861073
- Pidarta, M. (1997). Studi tentang Landasan Kependidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 3–15. https://doi.org/10.1039/p29720001769
- S. Sirate, S. F., & Yaumi, M. (2017). Perspektif Belajar Sebagai Landasan Psikologis Dalam Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a8
- Safriadi. (2016). Landasan Filosofis Dan Psikologis Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal MUDARRISUNA.
- Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002
- Sidiq, F., & Mantu, R. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Tafsir Al-Ibriz Bisri Mustofa Serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Journal of Islamic Education Policy. https://doi.org/10.30984/j.v3i2.867
- Supadjar, D., Mudhofir, A., Soeprapto, S., & Bakry, N. M. (1996). Landasan Pengembangan Filsafat Pancasila. Jurnal Filsafat. https://doi.org/10.22146/jf.31641
- Supardi. (2012). Arah Pendidikan Di Indonesia. Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi.
- Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
- Syatriadin. (2017). Landasan Sosiologis dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. https://doi.org/DOI:
- van Aken, J., Berends, H., & van der Bij, H. (2012). Problem Solving in Organizations. In Problem Solving in Organizations. https://doi.org/10.1017/cbo9781139094351
- Vinogradov, A. I., Savateeva, O. V., & Vinogradova, S. A. (2020). Philosophical Foundations of Education. Journal of History Culture and Art Research, 9(1), 145. https://doi.org/10.7596/taksad.v8i3.2389
- Widyawati, S. (2013). Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Jurnal Seni Budaya.
- Xanthacou, Y., & Kaila, M. (2011). Creative problem solving. In Creative Problem Solving. https://doi.org/10.4324/9781315269573-8
- Pengajar: Rochmawati -
- Pengajar: Syamsul Hadi
- Pelajar terdaftar: 16