خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C2-C
Deskripsi:
Pokok-pokok bahan kajian meliputi kajian teoritis dan praktis terkait pembelajaran adaptif dan berorientasi multicultural dengan menggunakan teknologi yang ada maupun menggunakan teknologi disrupsi yang dapat meningkatkan performa peserta didik. Selama mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan aktif: (1) mendalami konsep dasar dan teori yang mendukung pembelajaran adaptif; (2) mengkaji tren implementasi pembelajaran berbasis teknologi terkini; (3) melakukan kajian pembelajaran adaptif sesuai kebutuhan pendidikan dasar yang multikultural; dan (4) merancang dan mengembangkan model pembelajaran adaptif yang menggunakan teknologi disrupsi
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C2-C
Deskripsi:
Pokok-pokok bahan kajian meliputi kajian teoritis dan praktis terkait pembelajaran adaptif dan berorientasi multicultural dengan menggunakan teknologi yang ada maupun menggunakan teknologi disrupsi yang dapat meningkatkan performa peserta didik. Selama mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan aktif: (1) mendalami konsep dasar dan teori yang mendukung pembelajaran adaptif; (2) mengkaji tren implementasi pembelajaran berbasis teknologi terkini; (3) melakukan kajian pembelajaran adaptif sesuai kebutuhan pendidikan dasar yang multikultural; dan (4) merancang dan mengembangkan model pembelajaran adaptif yang menggunakan teknologi disrupsi
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis teori belajar yang menjadi dasar pengembangan pembelajaran adaptif
- Menganalisis tren implementasi pembelajaran berbasis teknologi terkini
- Mengkaji model, strategi dan metode pembelajaran adaptif sesuai kebutuhan pendidikan dasar yang multikultural
- Mahasiswa merancang pembelajaran adaptif untuk level pendidikan dasar.
- 1. Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- 2. Bonk, C. J. & Graham, C. R. (2006). The Handbook of Blended Learning: Global perspective, local design. San Francisco: Pfeiffer.
- 3. Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran.: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. S. Wahono (Eds.) Jakarta Barat: Indeks
- 4. Hergenhahn, B. R. & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning. B. S. Triwibowo (Eds.) Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
- 5. Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models of Teaching. R. K. Pancasari (Eds.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- 6. Mayer, R. E. (2008). Learning and Instruction. New Jersey: Pearson.
- 7. Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. E. Hamdiah & R. Fajar (Eds.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- 8. Niloy, et. al. (2025). Can generative AI Be an effective Co-Teacher? An experiment. Computers and Education: Articial Intelligence 8 (2025) 100418.
- Tan, et.al. (2025). Artificial intelligence-enabled adaptive learning platforms: A review. Computers and Education: Artificial Intelligence 9 (2025) 100429.
- 10. Oppmann, M-M. Beege, M., & Reinhold, F. (2025). Stimulating individual learning of the concept of fraction equivalence: How students utilize adaptive features in digital learning environments mediates their effect. Learning and Instruction 98 (2025) 102118.
- 11. Seblay, et.al. (2025). Adaptive teaching with technology enhances lasting learning. Learning and Instruction 99 (2025) 102141.
- 12. Eyland, T., & Leung, A. (2025). A purpose-driven approach to apply the universal design for learning: A focus on the “why”. International Review of Economics Education 49 (2025) 100319.
- 13. Adabor, et. al. (2025). Enhancing sustainable academic course delivery using AI in technical universities: An empirical analysis using adaptive learning theory. Sustainable Futures 10 (2025) 100828
- المعلم: Sri Rahayuningsih
- الطلاب المسجلون: 20
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.