Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam memahami proses dan perilaku belajar manusia dari perspektif psikologi dan implementasinya dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar psikologi pendidikan, metode riset psikologi pendidikan, dimensi-dimensi psikologis individu dalam proses belajar yaitu kecerdasan, motivasi, proses kognitif dan bahasa, asesmen, perkembangan manusia, perbedaan individu, gaya belajar, kepribadian, kesejahteraan mental, teori belajar dan penerapannya dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan mempelajari dan mengkaji psikologi pendidikan diharapkan mahasiswa dapat memahami peserta didik dengan baik dan komprehensi sehingga mampu menerapkan pendekatan-strategi-metode pembelajaran yang mendidik, adaptif dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan belajar serta memaksimalkan capaian hasil belajar peserta didik
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam memahami proses dan perilaku belajar manusia dari perspektif psikologi dan implementasinya dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar psikologi pendidikan, metode riset psikologi pendidikan, dimensi-dimensi psikologis individu dalam proses belajar yaitu kecerdasan, motivasi, proses kognitif dan bahasa, asesmen, perkembangan manusia, perbedaan individu, gaya belajar, kepribadian, kesejahteraan mental, teori belajar dan penerapannya dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan mempelajari dan mengkaji psikologi pendidikan diharapkan mahasiswa dapat memahami peserta didik dengan baik dan komprehensi sehingga mampu menerapkan pendekatan-strategi-metode pembelajaran yang mendidik, adaptif dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan belajar serta memaksimalkan capaian hasil belajar peserta didik
Capaian Pembelajaran
- Mampu merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, dan pendekatan dalam psikologi pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori psikologi pendidikan
- Mampu mengembangkan diri secara multidisiplin dengan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, profesi lain, dan berbagai lembaga yang relevan dalam rangka menciptakan dan mengelola jasa profesi secara multidisiplin dalam bidang psikologi pendidikan
- Slavin, E., Robert. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston, M.A: Pears011 Education, Inc
- Ormrod, J.E. 2004. Human Learning (4th Edition). Ohio : Pearson
- Joseph, Stephen. 2017. Positive Psychology in Practice: Promoting Human Flourishing in Work, Health, Education, and Everyday Life. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
- Proctor, Carmel. 2017. Positive Psychology Interventions in Practice. Guernsey, UK: Springer
- Schunk, H., Dale. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective. Boston, MA: Allyn & Bacon
- Hidayah, Nur., Hardika., Hotifah, Yuliati., Susilawati, Sinta Yuni., Gunawan, Imam. 2017. Psikologi Pendidikan. Penerbit UM: Malang
- Suryabrata, Sumadi. 2018. Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta
- Suralaga, F. 2021. Psikologi pendidikan: Implikasi dalam pembelajaran. Rajawali Press: Depok
- Moore, T. C., Daniels, S., Taylor, K. L., Oliver, R. M., Chow, J., & Wehby, J. H. (2024). Supporting teachers’ effective classroom and behavior management: what do teachers tell us?. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 68(1), 60-69
- Santrock, J.W. 2015. Psikologi Pendidikan (Edisi 2 cet. 6). Jakarta: Kencana
- Pengajar: Adi Atmoko Dr. ,M.Si
- Pelajar terdaftar: 41
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.