Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C6-C6
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C6-C6
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
- Memahami urgensi penyelenggaraan Pendidikan Agama islam di Perguruan Tinggi dengan sudut pandang tantangan perkembangan zaman
- Mengimani kebenaran doktrin pokok akidah islam dengan sudut pandang filosofis, rasional.
- Memahami konsep manusia dalam konsepsi Islam sebagai cara pandang Islami sebagai Ikhtiar Merealisasikan tugas hidup Manusia dalam menghadapi tantangan kehidupan
- Menganalisis konsep Integrasi Islam, Iman, dan Ihsan sebagai dasar pembentukan Karakter.
- Memahami konsep akhlak islam manifestasi ihsan dalam kehidupan sebagai dasar memperkuat komitmen terhadap gerakan anti napza.
- Menganalisis konsep hukum islam dan perbedaan madhhab serta upaya penyikapannya dengan perspektif maqashid syariah dan keterkaitannya dengan kearifan Lokal dan Akomodasi Hukum Islam dalam UU negara
- Memahami konsep pernikahaan Ikhtiar mewujudkan keluarga berkah sebagai dasar cara pandang islami dalam konteks pembentukan ketahanan mental spiritual keluarga
- Mengidentifikasi kontribusi Islam terhadap peradaban dunia sebagai dasar memperkuat komitmen memajukan peradaban Islam dan peradaban dunia
- Memahami korupsi dan upaya pemberantasannya dalam pandangan Islam sebagai dasar memperkuat komitmen menumbuhkembangkan budaya anti korupsi
- Memahami konsep Ekonomi untuk kesejahteraan umat sebagai dasar cara pandang kolektif dalam konteks mendorong terciptanya kesejahteraan ekonomi masyarakat berlandaskan nilai-nilai Islam.
- Menganalisis konsep Politik dan Cinta Tanah Air dalam perspektif islam sebagai cara pandang kolektif insan religius yang nasionalis
- -Memahami konsep Jihad,radikalisme Umat Beragama dan Islam Moderat sebagai dasar memperkuat implementasi Islam rahmatan lil alamin dan Deradikalisasi di perguruan tinggi
- Memahami konsep Feminisme dan Disorientasi Seksual perspektif Islam sebagai dasar cara pandang islami dalam memperkuat implementasi peran perempuan dan kesetaraan gender serta gerakan anti disorientasi seksual.
- Melaksanakan kegiatan studi kasus permasalahan sosial keagamaan dan merumuskan pemecahannya dalam konteks memperkuat keterlibatan insan religius pada pembangunan berkelanjutan (SDGs).
- Nasih, Ahmad Munjin et.al., 2014. Menyemai Islam Ramah di Perguruan Tinggi. Malang: Dreamlitera.
- Pulungan, Suyuthi. 2022.Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah
- Shihab, Quraish.2019. Wasathiyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Jakarta: Lintera Hati
- PAI UM Lecturer Team, 2020. Pendidikan Islam Berbasis Kehidupan, Mengembangkan Pribadi Berkarakter. Sidoarjo: Delta Pijar Katulistiwa
- Umar, Nasaruddin. 2019. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Dirjen Belmawa, Ristekdikti. 2016. Bahan Ajar Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
- Hanafi, Yusuf, dkk. 2022. Internalisasi nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Sidoarjo: Delta Pijar Katulistiwa
- Jalaludin. 2015. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi. Jakarta:Rajawali Press
- Mardani, 2021. Hukum Sistem Ekonomi Islam.Jakarta: Rajawali Press
- Nata Abudin. 2020. Pendidikan Islam di Era Milenial. Jakarta; Kencana
- Teacher: Abdul Adzim Irsad
- Enrolled students: 41
Guests cannot access this course. Please log in.