Perkembangan Peserta Didik UNIV6012-B8-A6B-20182
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
B8-A6B
Deskripsi:
Wawasan teoritik dan kontekstual tentang lintasan perkembangan manusia (life span developmental/ developmental trajectory); isu-isu dan faktor-faktor perkembangan; prinsip perkembangan; aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, moral-spiritual, sosial, emosi) dalam bingkai budaya Indonesia dan dalam konteks kehidupan global; tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik; karakteristik anak berkebutuhan khusus dan gangguan perkembangan; asesmen pemahaman individu peserta didik; diagnosis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menelaah secara mendalam aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif-bahasa, sosio-emosi, moral-spriritual) sesuai dengan karakteristik yang telah tumbuh dan berkembang, dalam latar keluarga dan latar sosial
Mahasiswa mampu menganalisis dan menemukan solusi problem perkembangan peserta didik
Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, dalam rangka optimalisasi perkembangan (developmental trajectory) peserta didik.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: PT. Refika Aditama
Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education. USA: Pearson.
Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Kail, R.V. 2010. Children and Their Development. New Jersey: Pearson Education.
Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.(edisi kelima) Jakarta: Erlangga
Santrock, J.W. 2004. Child Development. Boston: McGraw-Hill.
Santrock, J.W. 2012. Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto D. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.
- Teacher: Tomas Iriyanto
- Enrolled students: 29