Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A20-MPD
Deskripsi:
Matakuliah pilihan ini lebih difokuskan pada berbagai disain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Disain penelitian kuantitatif deskriptif, korelasional, causal comparative, eksperimental, historis, dan pengembangan banyak dikaji dalam matakuliah ini. Disain penelitian kualitatif seperti: studi kasus, studi multi kasus, studi multi situs, etnografi, etnometodologi, grounded, fenomenologgis, juga dikaji dalam matakuliah inu. Mahasiswa juga mendapakan pengalaman belajar analisis data lanjut baik kuantitatif (regresi, anova, anacova, peth dan SEM) maupun kualitatif (model alir/interaktif, content analysis, Spreadly, Bogdan, Robert K. Yin). Puncak dari matakuliah ini adalah, mahasiswa menghasilkan draft proposal awal yang akan dikembangkan lebih lanjut dalam matakuliah Seminar Kajian dan Analisis Penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang disain dan analisis data riset kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan penelitian di bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan
  • Terampil dalam membuat desain dan analisis data riset kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk melaksanakan penelitian pada bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
Daftar Pustaka:
  • Ulfatin, N. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke 2. Malang: Bayumedia Publishing
  • Wellington, J. 2015. Educational Research: Contemporary Issues and Practical Approaches. Second Edition. London: Bloomsbury Publishing Plc
  • Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Yin, R.K. 2006. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terjemahan oleh Djauzi Mudzakir. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pendaftaran mandiri (Pengajar yang tidak mengedit)