Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A21-MPD
Deskripsi:
Matakuliah ini lebih banyak mengkaji seluk beluk kekepalasekolahan sebagai ilmu terapan yang utuh, mulai dari konstruk kekepalasekolahan, prinsip-prinsip kekepalasekolahan, peran-peran kepala sekolah (sebagai: manajer, administrator, supervisor, leader, agent of change, pemimpin pembelajaran), kualifikasi dan kompetensi kepala sekolah, serta ketrampilan-ketrampilan kepala sekolah.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang disain dan analisis data riset pengembangan dan mixed untuk melakukan penelitian dan/atau pengembangan di bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan.
  • Terampil dalam membuat desain dan analisis data riset penelitian pengembangan dan mixed yang digunakan untuk melaksanakan penelitian dan/atau pengembangan pada bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Creswell, J.W. 2010. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Rsearch. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall
  • Creswell, J.W. 2010. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Rsearch. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall
  • European Chemicals Agency (ECHA). 2017. Guidance on Scientific Research and Development (SR&D) and Product and Process Orientated Research and Development (PPORD). Version 2.1. Oktober 2017
  • Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. 2007. Educational Research: An Introduction. Eighth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Johnson, B. dan Christensen, L. 2004. Educational Research. Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Mukhadis, A. 2018. Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan. Dialektika Prosedur Penelitian Mixed Methods. Malang: Penerbit MNC.
  • Putra, N. 2011. Research & Development: Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  • Putra, N. 2011. Research & Development: Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  • Richey, R.C., Klein, J.D., & Nelson, W.A. 2004. Developmental Research: Studies of Instructional Design and Development. In D. Jonassen (Ed.). Handbook of Research for Educational Communications and Technology (2 Ed.,1099-1130). Mahwah, N,J: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  • Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Tashakkori, A., dan Teddlie, C. 2003. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Thousand Oaks: Sage.
  • Ulfatin, N., Mukhadis, A., & Hidayat, N.W. 2018. My Buddy School System (My BSS): aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) Berbasis Sharing Sebaya My Buddy School System (My BSS): aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) Berbasis Sharing Sebaya. Hak Cipta Program Komputer Aplikasi Hasil Pengembangan (mybuddyschool.com).
  • Wellington, J. 2015. Educational Research: Contemporary Issues and Practical Approaches. Second Edition. London: Bloomsbury Publishing Plc.
Guests cannot access this course. Please log in.