Topic outline
Deskripsi Mata Kuliah
Semangat Pagi ! Selamat datang para generasi milenial harapan bangsa.
Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan salah satu di antaranya berkat peran dari para pemuda. Namun saat ini negara Indonesia sedang menghadapi berbagai permasalahan, seperti kasus korupsi, degradasi moral, penyalahgunaan narkoba, disintegrasi bangsa, tawuran dan yang lainnya. Anda sekalian sebagai generasi harapan bangsa apakah akan diam saja? Mari bahu membahu untuk mempersiapkan diri supaya negara Indonesia tidak mengalami kehancuran. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengikuti perkuliahan Pendidikan Pancasila. Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan kelompok Mata Kuliah Wajib Umum yang berfungsi sebagai sumber nilai dan pedoman dalam memantapkan kepribadian mahasiswa. Mata kuliah ini mengkaji materi ajar sebagai berikut.
1. Pengantar Memahami Pendidikan Pancasila.
2. Tinjauan Historis Pancasila.
3. Pancasila sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara.
4. Pancasila sebagai Sistem Filsafat.
5. Pancasila sebagai Ideologi Negara.
6. Pancasila sebagai Sistem Etika.
7. Pancasila sebagai Dasar Nilai dalam Pengembangan Ilmu.Proses pembelajaran menggunakan Flipped Classroom Model, yang terdiri atas tiga kegiatan pokok.
1. Pembelajaran sebelum kelas (Before Classroom).
2. Pembelajaran di Kelas (During Classroom).
3. Pembelajaran Setelah Kelas (After Classroom).Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Sikap
Memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. - Pengetahuan
Mampu menganalisis historis perumusan Pancasila, Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai ideologi negara, serta Pancasila sebagai sistem etika dan dasar nilai dalam pengembangan ilmu. - Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis berdasarkan Pancasila sebagai sistem filsafat, serta mengambil keputusan secara tepat berdasarkan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia. - Keterampilan Khusus
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks pemecahan masalah yang dilakukan secara kacai jadi saleuwi ka darat jadi salogak (menggambarkan kerukunan dalam masyarakat), berkaitan dengan pandangan hidup bangsa, sistem filsafat, ideologi negara, sistem etika, dan pengembangan ilmu.
Dosen Pengampu
Urgensi Matakuliah Umum
Seberapa pentingkah Matakuliah Umum diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak video berikut:
Refferensi
- Kaelan (2002). Pendidikan Pancasila. Jakarta : Paradigma
- Latif, Y. (2011). Negara Paripurna: Historisistas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Naskah Undang Undang Dasar 1945.
- Nurwardani, P, Saksama, H.Y., Kuswanjono, A, Munir, M, Mustansyir, R, Nurdin, E.S., Mulyono, E., Prawatyani, S.J., Anwar,A.A., Evawany, Priyautama, F., Festanto, A. (2016). Pendidikan Pancasila: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemristekdikti Ditjen Belmawa.
- Yamin, Muhammad. (1960). Naskah Persiapan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta : Jajasan Prapantja.
Rencana Pembelajaran Semester
- Sikap
Pertemuan 1:Konsep, Urgensi dan Alasan Diperlukannya Pancasila
SEMANGAT PAGI ! SELAMAT DATANG PARA GENERASI MILENIAL pada Pertemuan Pertama ini
Mengawali perkuliahan pada pertemuan 1 ini, kita akan mempelajari mengenai: 1) Dasar Pemikiran dan Urgensi Pendidikan Pancasila; 2) Dasar Historis, Yuridis, dan Sosiologis Pendidikan Pancasila; dan 3) Dinamika dan Tantangan Pendidikan Pancasila. Melalui materi tersebut akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa sekaligus menuntut analisis kritis mahasiswa mengenai dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila.
Capaian Pembelajaran
Pada pertemuan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1. Memahami dasar pemikiran dan urgensi Pendidikan Pancasila
2. Menjelaskan dasar historis, yuridis, dan sosiologis Pendidikan Pancasila
3. Menganalisis dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila.Anda tentu sudah mempelajari pendidikan Pancasila. Materi pendidikan Pancasila apa saja yang sudah Anda pelajari? Anda sudah pernah mengenal pendidikan budi pekerti, Pendidikan Moral Pancasila (PMP), pendidikan Pancasila dan kewarganegaran (PPKn), dan lain-lain. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut? Apa kesan Anda setelah memperoleh pelajaran-pelajaran yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila tersebut?
Untuk Menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, silahkan baca dan pelajari materi berikut:
Pertemuan 3:Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
Silakan saksikan video tersebut dan tuliskan poin penting dari video tersebut
(Jawaban langsung di posting di isian jawaban BUKAN UPLOAD FILE JAWABAN)
Pertemuan 6:Dinamika, tantangan, esensi dan urgensi Pancasila sebagai Dasar Negara
Pertemuan ini kalian masih mempelajari Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pergunakanlah berbagai sumber bacaan untuk memperkaya pengetahuan kalian tentang topik yang di bahas.
Point-point penting dari materi yang dipaparkan di atas, dapat saudara simak melalui slide presentasi di bawah ini:
Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester
Jawablah pertanyaan pada soal terlampir dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Jawaban diketik di sipejar, (Bukan upload file)
2. Soal dimohon untuk ditulis.
3. Ujian berlangsung selama 90 menit (mohon utk tidak terlamabt dalam mengumpulkan)
Pertemuan 13:Dinamika, Tantangan Pancasila sebagai Sistem Etika dan sikap cerminannya dalam kehidupan
Assalamualaikum wr wb... Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua... Tugas saudara yaitu membuat makalah dan ppt sesuai dengan tema dan kelompok masing-masing. Berikut tema yang dapat diundi untuk dibagi menjadi 6 kelompok (2 kelompok dg tema yang sama):
1. Pancasila sebagai Sistem Filsafat
2. Pancasila sebagai Sistem Etika
3. Pancasila sebagai Pengembangan IlmuBerikut adalalah format/ketentuan makalah:
1. Cover
2. Bab I Pendahuluan terdiri dari latar belakang dan rumusan masalah (minimal 3)
3. Bab II Pembahasan sesuai dengan rumusan masalah
4. Bab III Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran
5. Daftar Pustaka Makalah diketik dengan menggunakan huruf Time New Roman 12 spasi 1,5 ukuran kertas A4, jarak atas bawah kiri kanan 3cm.
Batas pengumpulan word dan PPT pada minggu ke 14 , sekaligus presentasi kelompok 1-3. serta kirim tugas tersebut pada email m.mujtaba.fis@um.ac.id (perwakilan kelas) melalui google drive PJ matakuliah/ketua offering . Jika ada hal-hal yang belum jelas bisa ditanyakan pada WA grup. Terima kasih, wassalamualaikum wr, wb ....