Enrolment options

Kepemimpinan Pendidikan dan Perilaku Organisasi
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B24-B24
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: konsep dasar perilaku kepemimpinan dan organisasi, dan penerapannya dalam pengembangan perilaku organisasi pendidikan yang produktif. Analisis budaya organisasi yang diprediksi mempengaruhi produktivitas organisasi pendidikan dan pengembangan budaya organisasi yang kontributif terhadap kinerja lembaga pendidikan. Studi tentang pengaruh faktor-faktor situasional perilaku organisasi meliputi budaya organisasi terhadap kinerja organisasi pendidikan; dan pengembangan model-model perilaku kepemimpinan efektif.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu melakukan kajian secara kritis tentang konsep dasar kepemimpinan pendidikan dan perilaku organisasi
  • Mampu menganalisis perilaku kepemimpinan dan organisasi.
  • Mampu mengkaji keefektifan pola perilaku kepemimpinan dan organisasi penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan
  • Mampu mengkaji problem yang dihadapi dalam proses kepemimpinan organisasi dan pemberdayaan personalia pendidikan, serta pemecahannya dengan mempertimbangkan karakteristik SDM yang ada
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Champoux, J. P. (2003). Organizational behavior: essential tenets. Australia: Thomson, pp. 1-19.
  • Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnelly, Jr., J.H. &Konopaske, R. (2006). Organizations:behavior structure processes. Boston: McGraw-Hill Irwin, pp. 93-127.
  • Mondy, R. W., Gordon, J. R., Sharplin, A., & Premeaux, S. R. (1990). Management and organizational behavior. Boston: Allyn and Bacon, pp. 1- 22; pp. 551-583. Kehadiran mahasiswaPartisipasi dalam diskusi kelas Yukl, G. A (2013). Leadership in organizations (8 ed.). Boston: Pwarson, pp. 1-25
  • Blanchard, K. et. al. 2007. Leading at a higher level. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall, pp.xvii-xxiv
  • Burhanuddin (2016). Perilaku organisasi dalam manajemen dan kepemimpinan. Malang: Penerbit & Percetakan UM, pp1-25
  • Maisyaroh, Burhanuddin, & Imron, A. (Ed) 2004. Perspektif manajemen pendidikan berbasis sekolah. Malang: Penerbit& Percetakan UM, pp. 32-49.
  • McKee, A., Kemp, T. and Spence, G. 2013. Management: a focus on leader. Frenchs Forests NSW: Pearson, pp. 2-15.
  • Yukl, G. A. (2013). Leadership in organizations (8 ed.). Boston: Pearson, pp. 1-25
  • Reinhartz, J. and Beach, D.M. (2004). Educational leadership: changing schools, seminar kajian tentang teori-teori kepemimpinan.Partisipasidiskusi/seminar Kehadiran changing roles. Boston: Pearson, pp. 11-16
  • Robbins S., Bergman, R., Stagg, I. & Coulter, (2006) Management. Frenchs Forest NSW: Pearson Prentice Hall, pp. 568-578.
  • Bartol, K., Martin, D., Tein, M., & Matthews, G. (2002). Management: A Pacific rim focus (3rd ed.). Roseville NSW 2069, Australia: The McGraw Hill-Company Australia Pty Limited, pp. 397-424.
  • https://drive.google.com/file/d/1hmO1Mk-yFLL07X46F8yIYz0-Par-APSU/view?usp=drive_link
Guests cannot access this course. Please log in.