Enrolment options

Bimbingan dan Konseling Karier
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
D23-BK
Deskripsi:
Konsep-konsep dasar BK Karier; Kajian sumber-sumber, bentuk-bentuk, cara pengumpulan kriteria evaluasi dan penyimpanan informasi karier; berbagai jenis klasifikasi jabatan; teori-teori perkembangan dan pemilihan karier; pendekatan-pendekatan BK Karier; dan penyelenggaraan bimbingan dan konseling karier
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menelaah teori karier dan menerapkannya dalam proses analisis fenomena perkembangan karir secara kontekstual di semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan program bimbingan dan konseling karier secara sistematis yaitu melakukan analisis kebutuhan, merancang program bimbingan dan konseling karier bagi peserta didik sesuai hasil analisis kebutuhan dan merencanakan evaluasi program bimbingan dan konseling karier.
Daftar Pustaka:
  • Brown, D. 2016.Career Information, Career Counseling and Career Development, 11th Edition. North Carolina. Pearson Publisher.
  • Cardoso, P., Silva, J. R., Gonçalves, M. M., & Eduarda, M. (2014). Narrative innovation in life design counseling : The case of Ryan. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 276–286. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.08.001 Employment, A. 2007. Choosing an Occupation.
  • Herr and Cramer. 1984. Career choice and counseling of the life span. Boston: Little Brown Company Ltd.
  • Minor, F. J., Ph, D., & College, S. A. (2014). ARTICLE : INTRODUCTION TO THE CAREER PLANNING PROCESS.
  • Morgan, T., & Ness, D. 2003. Career decision-making difficulties of first-year students. Canadian Journal of Career Development, 2, 33–39. Retrieved from http://www.ceric.ca/cjcd/node/5#2002
  • Muslihati .2013. Ancangan Strategi Perencanaan Karir “KAMIL” dalam peminatan di SMA. Makalah dalam Prodising Seminar Nasional Program Peminatan dalam Kurikulum 2013. Malang: Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Malang.
  • Muslihati. 2014. Nilai-nilai kerja Budaya Madura dan Kontribusinya pada Subjective Well-being. Jurnal Humaniora. P3SHOK. LP2M. Universitas Negeri Malang.
  • Muslihati, M., Praherdhiono, H., & Sobri, A. Y. (2018). Fostering Students Transversal Competence Through Modification of Flipped Classroom with Experiential Learning Model. In 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018). Atlantis Press.
  • Muslihati, M. 2019. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 101–108. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101
Guests cannot access this course. Please log in.