Enrolment options

Teori dan Praktik Konseling Humanistik
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B23-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk (1) mengkaji paradigma konseling psikodinamik; dan konsep - konsep dasar, prosedur, teknik-teknik, kelemahan dan kelebihan, dan hasil-hasil penelitian konseling psikoanalisis dan konseling adlerian; dan (2) merancang pelayanan konseling psikoanalisis untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok; dan merancang pelayanan konseling adlerian untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok.
Capaian Pembelajaran
  • 1. menganalisis hakikat paradigma konseling Humanistik,
  • 2. menganalisis konsep dasar, prosedur, teknik-teknik, kelemahan dan kelebihan, dan hasil- hasil penelitian konseling psikoanalisis,
  • 3. merancang pelayanan konseling psikoanalisis individual untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna,
  • 4. merancang pelayanan konseling psikoanalisis kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna,
  • 5. menganalisis konsep dasar, prosedur, teknik-teknik, kelemahan dan kelebihan, dan hasil-hasil penelitian konseling adlerian,
  • 6. merancang pelayanan konseling adlerian individual untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna,
  • 7. merancang pelayanan konseling adlerian kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna.
Daftar Pustaka:
  • Capuzzi, D. dan Douglas, R. G. 2007. Counseling and Psychotherapy. 3rd. NJ: Merril Printes Hall.
  • Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Boston, MA: Cengage Learning.
  • Corey, G. 2016. Theory and Practice of Group Counseling. Boston, MA: Cengage Learning.
  • Corey, G. 2004. Student Manual: Theory and Practice of Group Counseling. Belmont, CA: Thomson Brooks/Cole
  • Corey, M. S. & Corey, G. 2006. Process and practice: Groups. Belmont, CA: Thomson Brooks/Cole
  • Sharf, R.S. 2014. Theories of Psychotherapy and Counseling. Pacific Grove, CA: Brooks/Cole
Self enrolment (Non-editing teacher)