Enrolment options
Sosiologi dan Antropologi Pendidikan 01114-FFIP236003-A1B-BK-20241
Course modified date: 11 Sep 2024
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A1B-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mempelajari konsep-konsep dasar sosiologi dan antropologi; hubungan antara faktor sosial-budaya dengan Pendidikan; aspek-aspek sosial- budaya yang membentuk pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A1B-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mempelajari konsep-konsep dasar sosiologi dan antropologi; hubungan antara faktor sosial-budaya dengan Pendidikan; aspek-aspek sosial- budaya yang membentuk pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami konsep/teori landasan sosial budaya bimbingan yang berkaitan dengan unsur dan sistem dalam pemikiran dan praktik bimbingan dan konseling khususnya pada sekolah formal.
- Mahasiswa mampu menggunakan pemahaman tentang konsep/teori sosial budaya tersebut untuk memahami kebutuhan dan merumuskan problematika pada unsur-unsur dan sistem bimbingan dan konseling dari sudut pandang sosial budaya.
- Mahasiswa mampu menggunakan pemahaman tentang kebutuhan dan rumusan problematika pada unsur dan sistem bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek sosial budaya untuk mengembangkan rencana bantuan bimbingan dan konseling yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat developmental atau preventif atau kuratif atau perseperatif serta kolaboratif pada sekolah formal.
- Mahasiswa mampu melaksanakan secara tebatas rencana bantuan yang telah disusun berdasarkan aspek sosial budaya, yang rencana bantuan itu dapat mencakup layanan dasar atau layanan responsive atau perencanaan individual atau dukungan sistem secara klasikal atau kelompok atau individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan (siswa khususnya) yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam sekolah formal.
- Atmoko, A. 2015. Landasan Sosial Budaya Bimbingan Berbasis Pemecahan Masalah. Malang: Universitas Negeri Malang
- Christiansen, E. T., Kuure, L., Mørch, A., & Lindström, B. (2013). Problem-based Learning for the 21st Century. Denmark: Aalborg University.
- Saleh, F. A & Mundzir, H.S. 2006. Sosiologi Pendidikan.Malang.Fakultas Ilmu Pendidikan
- Soekanto, S. 1990. Sosiologi,Suatu Pengantar. Jakarta.CV Rajawali
- Taneko, S. B. 1984. Struktur dan Proses Sosial, suatu pengantar sosiologi pembangunan. Jakarta.CV.Rajawali.
- Teacher: Zamroni BK FIP UM
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.